Kasus Rasis Pigai, Ambroncius Nababan Ditahan

IN
Oleh inilahcom
Rabu 27 Januari 2021
share
Ketua Umum Projamin, Ambroncius Nababan - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ambroncius Nababan, sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian SARA terhadap eks Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai. Ambroncius kini ditahan di Rutan Bareskrim Polri.

"Dilakukan penahanan terhadap yang bersangkutan," ujar Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi, dikutip detikcom, Rabu (27/1/2021).

Ambroncius ditahan usai diperiksa oleh penyidik.


"(Ditahan) setelah menjalani pemeriksaan," tuturnya.

Sebelumnya, akun Facebook atas nama Ambroncius Nababan mengunggah konten bernuansa rasis terhadap mantan Anggota Komnas HAM Natalius Pigai. Konten itu berupa foto kolase Natalius Pigai dan satwa yang diunggah oleh Ambroncius Nababan di akun FB-nya.

Unggahan Ambroncius itu untuk menyikapi pernyataan Natalius yang menyebut masyarakat berhak untuk menolak vaksin COVID-19 karena menolak atau menerima vaksin adalah hak asasi manusia. Postingan Ambroncius pun kemudian viral di media sosial dan dianggap sebagai tindakan rasisme.

Ambroncius kemudian membantah bahwa dia telah bertindak rasis. Dia mengklaim unggahan-nya hanya sebatas persoalan dirinya dengan Natalius Pigai.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA