Ketua PBNU Minta Kapolri Listyo Soal Civil Society

IN
Oleh inilahcom
Kamis 28 Januari 2021
share
 

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj menerima silaturahmi Kapolri baru Listyo Sigit Prabowo. Dia mengingatkan pentingnya keterlibatan masyarakat sipil dalam menjaga negara agar tidak hancur seperti timur tengah.

Listyo disambut oleh Said dengan bercengkrama dengan sejumlah tokoh di BPNU. Said mengingatkan kepada Listyo sebagai Kapolri untuk mengajak masyarakat sipil dalam menjaga negara.

Langkah Listyo Sigit silaturahmi seperti ini diperlukan untuk menyamakan persepsi dan cara pandang, menyamakan pemahaman kebangsaan, agama, budaya. Hal ini tentu akan memperkuat keutuhan negara Indonesia.

"Pasti bisa jadi kekuatan NKRI," kata Said Aqil Siradj di Gedung PBNU Pusat, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis (28/1/2021).

Meski kerjasama telah berjalan lama, kerja sama antara PBNU dan Polri serta organisasi masyarakat lain perlu diperkuat. Said menyebut seluruh negara membutuhkan keterlibatan masyarakat sipil dalam pemerintahan.

Dia menyebut, pemerintahan tanpa masyarakat sipil yang kuat tidak akan kuat. Hal itu terjadi seperti negara-negara di Timur Tengah.

"Tanpa itu (masyarakat sipil) akan hancur. Timur Tengah hancur karena tidak ada civil society," jelasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA