Saat Corona, Bisnis Ekspedisi Ardhianto Meroket

IN
Oleh inilahcom
Jumat 29 Januari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pandemi COVID-19 yang berkepanjangan membuat banyak bisnis ambruk. Namun, ada pula bisnis yang makin moncer, yakni jasa pengiriman atau ekspedisi.

Bisnis ekspedisi justru melonjak drastis sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2020 lalu. Bos Ninja Xpress, Ardhianto Porbo Hartono mengakui adanya lonjakan tajam. "Lagi pandemi seperti sekarang, alhamdulillah justru paketan hampir tiap hari overload karena semakin meningkatnya pesanan di marketplace. Sebagian besar masyarakat Indonesia sudah beralih ke sistem daring dalam hal belanja kebutuhan mereka," ujar Ardhianto, Kamis (28/1/2021)).

Tren bagus di bisnis ekspedisi sebenarnya bukan terjadi saat Pandemi Covid-19 berlangsung saja. Tingkat kenaikan sudah berlangsung sejak 2019 lalu. Hal inilah yang mendasari Ardhianto merintis bisnis ekspedisi bersama Ninja Xpress. "Saya memulai sejak 2 tahun lalu karena sekarang jasa ekspedisi sangat dibutuhkan banyak orang seiring dengan banyaknya marketplace dan startup yang ada di Indonesia."

Ninja Xpress sendiri terbilang pemain baru di bisnis ekspedisi. Namun, Ardhianto tak gentar dengan persaingan ketat di bisnis ekspedisi ini. Ninja Xpress menawarkan banyak kelebihan dibandingkan yang lain. "Ekspedisi kami harga lebih terjangkau dibandingkan yang lain. Kami juga lebih maksimal dari segi pelayanan karena mempunyai banyak mitra yang bisa melakukan pickup paket dan bisa sampe malam hari," kata Ardhianto.

"Saya memilih berwiraswasta karena dengan berwiraswasta lebih banyak tantangan, bisa membikin kita lebih percaya diri, membentuk pribadi baik dan bermanfaat untuk orang lain," imbuh Ardhianto.

Ke depannya, Ardianto ingin memperkuat sistem dan membuka lebih banyak mitra, agar menjangkau semakin banyak daerah di Indonesia. "Sekarang kami sudah menjangkau hampir seluruh wilayah di Indonesia," imbuh Ardhianto.

Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan merupakan tujuan utama Ardhianto sesuai dengan moto hidupnya. "Prinsip hidup saya selalu rendah hati dan bisa membahagiakan diri sendiri, keluarga, dan orang lain serta bisa bermanfaat bagi orang banyak," pungkasnya. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA