Mantan Ekonom SBY Wafat, Selamat Jalan Prof Fiz...

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 06 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Hari ini (Sabtu, 6/2/2021) ada kabar duka untuk para ekonom, akademisi dan seluruh rakyat Indonesia. Rektor Universitas Paramadina dan mantan staf khusus bidang ekonomi Presiden SBY, Prof Firmanzah meninggal dunia.

"Telah meninggal dunia Prof. Firmanzah, Ph.D. (Dosen PPIM - Guru Besar FEB UI) hari Sabtu, tgl 6 Februari 2021. Dimakamkan setelah Shalat Dzuhur. D/A: Taman Parahyangan Golf Jl. Situ Indah Golf No. 12 Sentul Selatan, Bogor Jabar," demikian pesan, dikutip dari kumparan.

Kabar meninggalnya Firmanzah dibenarkan Staf Akademik Universitas Paramadina, Aditya Rahmatullah. "Betul," katanya.

Fiz, sapaan akrab Firmanzah, merupakan salah satu tokoh ekonomi Indonesia. Lulusan Universitas Indonesia dan University of Lille, ini merupakan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia saat usianya 32 tahun. Fiz menjadi dekan di fakultas tersebut untuk periode 2009-2013.

Pada 15 Januari 2015, Fiz terpilih menjadi Rektor Universitas Paramadina periode 2014-2018, menggantikan Anies Baswedan yang saat itu terpilih sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sebelumnya ia juga pernah menjadi Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi saat pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pada 2012-2014.

Menurut Suratno, dosen Falsafah dan Agama Universitas Paramadina membenarkan ihwal meninggalnya Firmanzah, disebutkan karena vertigo. "Vertigo. Jamnya belum ada info, tapi Sabtu 6 Februari (meninggalnya)," ucap Suratno.

Sebelum menghembuskan napas terakhir, Firmansyah sempat dibawa ke Rumah Sakit EMC Sentul, Bogor, Jawa Barat, akibat kondisi kesehatannya menurun. Namun, dokter yang merawatnya tidak bisa menyelamatkan nyawanya. Pria asal Surabaya, Jawa Timur ini, meninggal dunia di usia masih sangat belia, 44 tahun. "Sakit vertigo terus dibawa ke Rumah Sakit EMC Sentul terus meninggal," tutur Suratno.

Kabar duka meninggalnya Firmansyah sempat beredar di grup alumni Paramadina. "Innalillahi wainnailaihi rojiun, telah berpulang Prof. Dr. Firmanzah, Rektor Unjv Paramadina karena sakit vertigo. Saat ini jenasah berada di RS. EMC Sentul. Semoga almarhum husnul khotimah, Al-Fatihah.Dan keluarganya diberi kesabaran dan ketaban, amin YRA," demikian pesan singkat yang beredar. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA