Limbah Cemari Desa, ini Kata Pemkab Kudus

IN
Oleh inilahcom
Selasa 09 Februari 2021
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Kudus - Limbah pabrik diduga mencemari kawasan Desa Jati Wetan, Kabupaten Kudus bersamaan dengan banjir sudah dilkukan hasil pengujian di laboratorium. Hasilnya, tidak ditemukan adanya bakteri sehingga tidak membahayakan masyarakat setempat.

"Sudah keluar dan hasilnya tidak ditemukan adanya zat berbahaya. Pengujian selanjutnya soal warna limbahnya yang berwarna hitam," kata Pelaksana tugas Bupati Kudus Hartopo di Kudus, Selasa (9/2/2021).

Sementara penyebab pencemaran, Pemkab Kudus belum mengetahuinya, lebih jauh.

Adapun warga Desa Jati Wetan sempat mengeluhkan adanya dugaan pencemaran limbah pabrik saat dilanda banjir. Selain menimbulkan bau tidak sedap, limbah yang diketahui mulai mencemari perkampungan warga mulai Rabu (4/2) tersebut juga mengakibatkan gatal-gatal di kulit.

Purnomo, salah seorang warga Desa Jati Wetan mengakui air banjir tercemar limbah pabrik baru kali ini karena sebelumnya belum pernah. Selain menimbulkan bau tidak sedap juga mengakibatkan gatal-gatal di kulit serta sumurnya juga tercemar.

"Warga menduga, pencemaran limbah tersebut dari pabrik besar yang kebetulan lokasinya tidak jauh dari lokasi banjir," ujarnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA