Direktur PT Bhumi Prasaja Diduga Nyuap Pejabat BIG

IN
Oleh inilahcom
Rabu 10 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelisik dugaan aliran uang suap dari Direktur PT Bhumi Prasaja, Rasjid A Aladdin terkait proyek pengadaan Citra Satelit Resolusi Tinggi (CSRT) tahun 2015.

Aliran uang suap diduga diberikan kepada pejabat Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Hal itu terungkap setelah penyidik memeriksa Rasjid Aladdin sebagai saksi untuk tersangka mantan Kepala BIG, Priyadi Kartono (PRK)."Rasjid A Aladdin (Direktur PT Bhumi Prasaja), didalami keterangannya terkait perusahaan saksi yang menjadi salah satu rekanan/penyedia dalam pengadaan CSRT BIG-Lapan tahun 2015," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Rabu (10/2/2021).

"Sekaligus juga dikonfirmasi mengenai proses perencanaan, pelaksanaan pengadaan, dan penerimaan pembayaran pekerjaan oleh Lapan serta dugaan adanya pemberian sejumlah uang dalam bentuk 'fee' kepada pihak-pihak tertentu di BIG dan Lapan," imbuhnya.

KPK tak menutup kemungkinan bakal mendalami keterlibatan pihak lain dalam kasus ini. Utamanya, terkait adanya dugaan pemberian uang ke sejumlah pejabat BIG dan LAPAN. Namun, kata Ali, saat ini penyidik masih fokus mengumpulkan keterangan dari saksi untuk memperkuat pasal-pasal yang telah disematkan kepada tiga tersangka.

"Proses penyidikan perkara tersebut masih berjalan. Tentu beberapa hal terkait pembuktian unsur pasal masih akan terus di dalami dengan mengkonfirmasi kepada saksi-saksi yang dipanggil," ujarnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA