Bea Cukai Bata, Dorong Pengembangan PLB Storage

IN
Oleh inilahcom
Rabu 10 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Batam - Bea Cukai Batam berikan asistensi kepada PT Asinusa Putra Sekawan dalam pengembangan Pusat Logistik Berikat (PLB) Floating Storage pertama di perairan Pulau Nipa. Bentuk asistensi yang diberikan berupa kegiatan audiensi yang dilakukan guna memberikan bimbingan dan pemahamam terhadap apa saja yang perlu dipersiapkan dalam rangka pengembangan PLB ini. Audiensi ini diselenggarakan sebanyak dua kali pada Kamis (04/02) di Kantor KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun dan Jumat (05/02) di Kantor Bea Cukai Batam.

Dalam pengembangan PLB Floating Storage ini, Asinusa sebelumnya telah melakukan prastudi kelayakan dalam rangka konsesi perairan. Dari berbagai kajian yang telah dilakukan, proyek pengembangan PLB Floating Storage ini dinyatakan layak untuk direalisasikan. Kajian tersebut meliputi kajian letak geografis, studi lingkungan, kajian kelayakan proyek, kajian hukum, dan kajian Value for Money dengan nilai Benefit Cost Ratio (BCR) > 1.

Bea Cukai Batam sebagai instansi yang melakukan pelayanan dan pengawasan kepabeanan menyatakan akan mendukung penuh pengembangan PLB Floating Storage pertama ini. Bimbingan teknis dalam pengembangan IT Inventory dan kemudahan perizinan merupakan salah satu bentuk dukungan yang akan diberikan. "Bagi kami selama bisa mendorong pemulihan ekonomi, investasi masuk, itu tidak ada alasan bagi kami untuk menolak. Akan kami dukung penuh." ujar Andi Yusuf selaku Kepala Seksi Fasilitas Pabean dan Cukai.

Kelak akan ada beberapa kegiatan bisnis yang akan dilakukan melalui PLB Floating Storage ini, diantaranya kegiatan alih muat (ship to ship) yang sudah dilakukan sekarang, tank cleaning, blending, pengisian minyak atau air bersih (bunkering), dan laid up ship chancer. Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan daya saing, dan turut mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Susila Brata menyampaikan, "Kami sebagai salah satu instansi pendorong ekonomi dengan senang hati bersedia bekerja sama sehingga ekonomi bisa berjalan. Pastinya tidak hanya sekedar PNBP saja karena itu kan hanya di depan mata saja, saya yakin pasti ada keuntungan lainnya bagi negara ini selain itu," ujarnya.

Chairman PT Asinusa Putra Sekawan, Wing Indrasmoro juga menyampaikan, "Kami minta bantuannya kepada Bea Cukai agar kami bisa jadi pilot juga bagi rekan-rekan kami yang lain. Terima kasih atas waktu dan support-nya dari Bea Cukai. Kami berharap ini dapat terus berlanjut dan mendapat hasil yang maksimal," tuturnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA