Luncurkan Aplikasi Cendana

Bea Cukai Bekasi Manfaatkan Teknologi Kala Pandemi

IN
Oleh inilahcom
Kamis 18 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Bekasi - Pandemi Covid-19 telah membatasi aktivitas penduduk dunia. Era kenormalan baru atau new normal yang saat ini sedang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai akibat dari pandemi Covid-19 menuntut pemanfaatan teknologi semakin dioptimalkan. Teknologi terbukti membuat masyarakat dapat menembus batas melalui dunia digital yang nirkontak. Hal ini direspon Bea Cukai Bekasi dengan meluncurkan Aplikasi CENDANA, sebagai bentuk inovasi untuk menjawab berbagai persoalan dan kebutuhan layanan kepabeanan dan cukai yang semakin baik.

Dalam peluncuran Aplikasi Cendana pada Senin (15/02) yang digelar secara virtual, Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi, Bobby Situmorang mengatakan Aplikasi CENDANA digunakan oleh pegawai Bea Cukai Bekasi untuk menyimpan dan menyajikan data melalui tools berbasis teknologi agar menjadi lebih cepat dan tepat, sehingga ke depan mampu tercipta single data yang valid.

"Seperti yang disebutkan Ketua Tim Pembangunan Aplikasi CENDANA, Budi Satria, dalam laporannya aplikasi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang makin pesat dan adanya pandemi yang menuntut kita beradaptasi dengan kebiasaan baru. Aplikasi CENDANA ini juga merupakan jawaban atas sinergi dalam wujud integrasi data antar unit di Bea Cukai Bekasi," jelasnya.

Bobby pun menyebutkan aplikasi ini dibangun sejak tahun 2020, "Durasi pembuatan kurang lebih dua bulan, tetapi penyempurnaan aplikasi ini masih terus kami laksanakan. Aplikasi ini dibangun oleh para pegawai Bea Cukai Bekasi yang tergabung dalam sebuah tim. Konseptor pembuat framework dan pengalih bahasa ke bahasa programming semuanya dikerjakan para pegawai muda," ujarnya.

Solusi yang ditawarkan aplikasi ini adalah dapat menyajikan data berupa grafik/dashboard tentang Bea Cukai Bekasi, sebagai database tersentral dan terintegrasi sehingga menjadi single data, menjadi tools pengolahan data tersentral, sebagai dashboard informasi untuk para pegawai baik terkait kondisi penerimaan, jumlah fasilitas dan lainnya, dan menyajikan dan menyelaraskan data dengan lebih mudah dan cepat.

"Aplikasi CENDANA memang belum sempurna, tetapi untuk menjadikan aplikasi ini menuju sempurna dibutuhkan bukan hanya peran para tim IT (information technology), tetapi peran kita semua karena jiwa aplikasi ini dari ibu/bapak sekalian. Mari kita selaraskan perkembangan IT sekecil apapun di Bea Cukai Bekasi dengan perkembangan aplikasi yang dibangun oleh Bea Cukai," tutup Bobby.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA