Bea Cukai Belawan - Polairud Patroli Jaga Perairan

IN
Oleh inilahcom
Kamis 18 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Medan - Sebagai tindak lanjut perjanjian antara Bea Cukai dengan Polri dalam meningkatkan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, Bea Cukai dan Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) kerap melaksanakan patroli laut gabungan. Hal ini juga dilakukan sebagai upaya meningkatkan pengawasan dalam mengamankan wilayah perairan laut Indonesia.

"Dalam menjaga kedaulatan maritim Indonesia, Bea Cukai telah lama menjalin sinergi dengan aparat penegak hukum lain, seperti Polairud. Bertugas pada wilayah pengawasan laut yang sama, Bea Cukai dan Polairud harus bersinergi, berkomunikasi, dan berkerja sama, karena tugas menjaga kedaulatan negara tidak mungkin berjalan tanpa kerja sama, baik dari level atas ke level bawah maupun sebaliknya," ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Belawan, Tri Utomo Hendro Wibowo, pada Senin (15/02).

Pada tanggal 11 Februari 2021, masih menurut Tri pihaknya telah melaksanakan apel sinergi operasi patroli laut Bea Cukai bersama Polairud Polda Sumatera Utara. Sinergi yang terbangun antara Bea Cukai Belawan dengan aparat penegak hukum lain, salah satunya Direktorat Polairud Polda Sumatera Utara ini memang sudah terjalin sejak lama, khususnya dalam menjaga Kedaulatan maritim Indonesia.

"Penyelundupan melalui Pesisir Utara Sumatera saat ini masih menjadi salah satu permasalahan nasional dan merupakan ancaman serius terutama di sektor perekonomian, sehingga upaya pencegahan dan penanggulangannya harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan berkesinambungan," tegasnya.

Tri berharap dengan adanya kegiatan patroli laut bersama tersebut dapat meningkatkan sinergi antara personil Bea Cukai Belawan dan Polairud Polda Sumatera Utara dalam kegiatan penegakan hukum di Perairan Pesisir Utara Sumatera. "Kerja sama yang baik antar instansi akan memudahkan dan melancarkan pelaksanaan tugas pengawasan demi mewujudkan peran perlindungan masyarakat," tutupnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA