Peran Ormas Menyebarkan Narasi Positif di Medsos

IN
Oleh inilahcom
Kamis 18 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Anggota DPR RI Komisi I Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Helmy Faishal Zaini menyebut media sosial (medsos) saat ini jadi faktor penting penyebaran informasi.

Lewat Medsos, informasi yang sampai ke mata, telinga warga menjadi lebih cepat namun belum tentu akurat.

Disitulah pentingnya organisasi masyarakat sebagai salah satu elemen penting bangsa ikut berkontribusi menyajikan informasi yang akurat.

"Kalau tidak beradaptasi dengan perubahan sosial media, maka siap-siap jadi fosil sejarah," kata Helmy Faisal dalam webinar merajut nusantara: Peran Ormas Dalam Menyebarkan Narasi Positif di Media Sosial, Kamis (18/2/2021).

Sebagai warga Nadliyin, Helmy tau betul bagaimana NU mewarnai media sosial tanah air dengan berita-berita akurat tanpa berbau hoax.

"NU jadi portal terdepan dalam mengkampanyekan dakwah positif," ungkapnya.

Selain itu terang Helmy, NU Sedang menyiapkan super aplikasi Kartanu (kartu tanda anggota NU)."Salah satu poin plusnya adalah untuk big data warga NU.

Selain itu bisa jadi fitur warga NU menjalankan amaliahnya, seperti arah kiblat, dakwah. Ada juga market place hingga amal jariyah," tegasnya.

Sementara itu pakar telematika KMT Roy Suryo Notodiprojo menilai ormas harus ikut ambil peran dalam menyebarkan informasi positif di media sosial.

"Peluang dan keharusan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam semua bidang, termasuk di dalam organisasi kemasyarakatan," kata Roy.

Namun meski berada diranah medsos, Roy menekankan pentingnya untuk tetap taat pada aturan hukum yang berlaku.

"Peranan Ormas dalam menyebarkan narasi positif di medsos perlu diimbangi penerapan Hukum ITE untuk melindunginya dari new crimes, frauds dan negative externalities," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA