Diguyur Hujan Sebagian Jakarta Dikepung Banjir

IN
Oleh inilahcom
Jumat 19 Februari 2021
share
Pemukiman warga di lingkungan Jalan Telaga Jaya Utama RT 14 RW 01, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, dikepung banjir berwarna putih susu

INILAHCOM, Jakarta - Sejumlah wilayah di Ibu Kota derendam banjir, sejak Kamis (18/2/2021) sore.

"Banjir 'update'-nya ada 20 dari 30.460 RT. Jumlahnya kecil," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kamis (18/2/2021) malam.

Pemrov DKI, kata Riza telah menyiapkan 256 ekskavator dan 260 truk pembuang (dump truk) untuk menghadapi potensi banjir, serta, pemerintah juga akan menambah jadwal pengoperasian pengerukan lumpur dari satu menjadi dua sif.

"Lalu kami siagakan petugas dua sif dari asalnya satu sif. Jadi, ada percepatan pengerukan," ucapnya.

Menurut Riza, penyebab Jakarta banjir, salah satunya adalah karena Jakarta yang berada di dataran rendah, serta beberapa lokasi berada di dataran yang lebih rendah dibanding wilayah lainnya seperti di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

"Dulu juga di daerah tersebut tanahnya diambil dikeruk dan diuruk untuk kawasan Senayan yang tanahnya ditinggikan. Sekarang daerah tersebut seperti kubangan, kalau hujan ya banjir," ucapnya.

Karenanya, kata Riza, untuk ke depan Pemprov DKI berencana akan merelokasi masyarakat yang tinggal di daerah yang rendah termasuk yang tinggal di bantaran sungai.

"Ke depan secara bertahap kita akan pindahkan. Sekarang, kita juga terus membangun Rusunawa, Rusunami dan memindahkan warga yang ada di pinggiran dan terus melakukan program normalisasi sungai, naturalisasi sungai dan sebagainya," pungkasnya. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA