Bos GPEI Sebut Ekspor Sawit Masih Akan Memimpin

IN
Oleh inilahcom
Jumat 19 Februari 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI), Benny Soetrisno menilai, komoditas ekspor Indonesia pada 2021, tidak akan beda jauh dengan tahun lalu.

Dia bilang, kelapa sawit masih akan menjadi andalan ekspor Indonesia. "Saya kira ekspor kita di 2021 akan hanya berkisar pada komoditi itu-itu saja yaitu minyak nabati dari kelapa sawit," kata Benny, Kamis (18/2/2021).

Benny menjelaskan, perang dagang antara Amerika Serikat dengan China, memberikan efek signifikan terhadao ekspor minyak sawit Indonesia.
Di mana, berdampak kepada semakin mahalnya harga minyak nabati non kelapa sawit. Mau tak mau, China akan memborong minyak nabati dari kelapa sawit, karena lebih murah. "Karena adanya perang dagang antara Amerika Serikat dan China membuat harga minyak nabati non kelapa sawit menjadi meningkat. Akibatnya banyak yang beralih ke minyak nabati dari kelapa sawit," ujarnya.

Dirinya meyakini, kinerja kepala sawit akan semakin baik pada 2021. Sebab, pemerintah mempunyai program biodiesel, sehingga permintaan akan sawit akan meningkat. "Kinerja kelapa sawit pada 2021 akan menarik karena ada kebijakan pemerintah tentang biodisel, sehingga permintaan ke dalam negeri akan naik. Dengan begitu harga kelapa sawit akan naik, sehingga menguntungkan bagi para eksportir," tandasnya. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA