Pemerintah Jamin Ketersedian Vaksin COVID-19

IN
Oleh inilahcom
Jumat 26 Februari 2021
share
Wakil Presiden Maruf Amin

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah telah melakukan diplomasi dengan beberapa negara dalam menyediakan dosis vaksin guna mencukupi seluruh kebutuhan masyarakat Indonesia. Dengan demikian pemerintah menjamin ketersediaan vaksin COVID-19.

"Melalui diplomasi dan kerja sama internasional yang gigih, Indonesia berhasil mengamankan ketersediaan vaksin COVID-19 yang mencukupi seluruh kebutuhan kita," ujar Wakil Presiden Maruf Amin, dalam keterangannya, Jumat (26/2/2021).


Merujuk pada data Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization), hingga akhir Januari masih ada 130 negara yang belum mendapatkan vaksin COVID-19; bahkan sebagian negara maju pun belum dapat memastikan ketersediaan vaksin bagi seluruh masyarakatnya, kata Wapres, saat menutup The International Conference Tackling the COVID-19 Pandemic: Health, Economics, Diplomacy and Social Perspective secara daring, Kamis (25/2) petang.

"Masih ada 130 negara yang belum mendapatkan akses terhadap vaksin COVID-19, mayoritasnya adalah negara sedang berkembang. Dalam kaitan itu, kiranya kita patut bersyukur bahwa Indonesia berada dalam situasi yang lebih baik," tuturnya.


Pemerintah Indonesia juga berkomitmen agar dapat mengekspor vaksin COVID-19 guna membantu negara-negara di kawasan Asia Tenggara dalam memperoleh vaksin.

Melalui komitmen tersebut, Indonesia juga mendapatkan apresiasi dari masyarakat internasional dalam program penyediaan vaksin COVID-19 secara setara bagi negara-negara lain.

"Indonesia juga telah berkomitmen untuk membantu negara-negara sahabat di kawasan yang membutuhkan vaksin COVID-19. Peran aktif diplomasi Indonesia juga mendapatkan apresiasi dari masyarakat internasional dalam program penyediaan vaksin COVID-19 bagi seluruh negara di dunia secara setara," pungkasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA