Kenalkan Budaya Indonesia

KBRI Bern Lanjutkan Program BIPA untuk Warga Swis

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 06 Maret 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Tak banyak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang konsisten mengenalkan budaya Indonesia kepada warga dunia. Termasuk mengajarkan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Adalah KBRI Bern (Swiss) yang memiliki program kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). "Senang berkenalan dengan Anda," menjadi kalimat berbahasa Indonesia yang diajarkan pertama kali untuk para peserta kelas BIPA, periode kedua pada 2021.

Sebanyak 23 peserta mengikuti kelas BIPA, bertujuan siap untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia selama 4 bulan. Seperti kelas BIPA sebelumnya, penyelenggaraan kelas BIPA mendapat dukungan penuh dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Setelah mendapatkan reviw yang sangat positif pada 2020, KBRI Bern melanjutkan kelas BIPA pada pada tahun ini. Antusiasme yang tinggi juga masih terasa pada pembukaan pendaftaran kelas BIP.

Penyelenggaraan kelas BIPA sejalan dengan fokus Pemerintah RI untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia internasional. Mempelajari Bahasa Indonesia terutama juga untuk mengenal budaya dan tradisi Indonesia, poin inilah yang akan ditanamkan kepada para peserta BIPA yang tengah mengikuti kelas tersebut.

"Kami melihat potensi yang baik, semakin banyak yang belajar Bahasa Indonesia, semakin mudah para investor, pebisnis, dan turis yang berkunjung ke Indonesia," jelas Dubes RI Bern, Muliaman D Hadad dalam rilis, Jumat (5/3/2021).

Kata Muliaman yang dikenal sebagai inisiator lahirnya OJK ini, sebagai salah satu negara mitra investasi perdagangan Indonesia, Swiss merupakan negara sasaran fasilitasi pengembangan program BIPA di luar negeri. Pendaftaran telah dibuka sejak akhir Februari 2021, berhasil menjaring calon peserta 100 orang dalam sehari.

Kelas BIPA KBRI Bern akan berlangsung mulai 4 Maret hingga 28 Juni 2021. Mendapat dukungan penuh dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Sesuai evaluasi pada 2020, kelas BIPA tahun ini, dibagi menjadi dua jenis. Yakni, kelas pemula (BIPA-1) dan kelas menengah (BIPA-2). [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA