Duit Korupsi Bansos Covid19 Mengalir Sampai Jauh

Sewa Pesawat, Beli Brompton, Bayar Cita Citata

IN
Oleh inilahcom
Senin 08 Maret 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Sejumlah aliran uang hasil 'kutipan' anggaran Bansos Covid19 terkuak di persidangan. Mulai dari sewa pesawat pribadi, beli sepeda mahal, hingga untuk bayar artis.

Adalah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bansos Covid19 Kemensos, Matheus Joko Santoso yang merinci daftar aliran uang hasil pemotongan anggaran Bansos Covid19 untuk wilayah Jabodetabek tahun anggaran 2020.

Matheus dihadirkan dipengadilan Tipikor sebagai saksi untuk dua terdakwa pihak swasta, Hari Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja, Senin (8/3/2021).

Dalam kesaksiannya, Joko menyebut total fee yang terkumpul Rp 16,7 miliar, tapi yang diberikan ke Mensos Juliari Rp 14,7 miliar.

Selain memberikan ke menteri, Joko mengaku fee bansos Corona yang terkumpul itu diberikan ke sejumlah pejabat di Kemensos. Selain pemberian uang ke pejabat Kemensos, uang itu digunakan untuk membeli handphone dan sepeda Brompton.

"Pembelian 10 buah Hp Rp 140 juta kepada pimpinan Kemensos, Brompton 3 sepeda untuk Sekjen Hartono Laras senilai Rp 120 juta," kata Joko saat bersaksi di Pengadilan Tipikor.

Joko juga mengungkapkan uang itu juga diperuntukkan buat segala jenis kegiatan Kemensos. Termasuk membayar artis Cita Citata saat mengisi acara Kemensos di Labuan Bajo.

"Lalu, pembayaran hotel biro humas Rp 80 juta, pembayaran tes swab COVID pimpinan Kemensos Rp 30 juta, seragam baju tenaga pelopor Rp 80 juta, pembayaran kegiatan Mesuji Lampung Rp 100 juta, pengerahan tenaga pelapor untuk monitoring gudang Rp 80 juta, pembayar makan minum rapat pimpinan awal akhir Rp 100 juta, pembayar makan minum tim bansos relawan dan tim pantau Rp 200 juta, pembayar sapi Rp 100 juta, sewa pesawat carter Labuan Bajo Rp 270 juta, pembayaran artis untuk kegiatan rapat Labuhan bajo Rp 150 juta," ungkap Joko.

"Artisnya informasinya Cita Citata, saya juga nggak hadir," kata Joko.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA