Sinergi Pertamina dengan BNI

Pertashop Terbukti Berdayakan UMKM & Ekonomi Desa

IN
Oleh inilahcom
Jumat 19 Maret 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pertamina kembali meresmikan Pertashop tepatnya di wilayah Pesawaran, Provinsi Lampung. Demi memajukan UMKM dan perekonomian di pedesaan.

Pengoperasian Pertashop ini merupakan bagian dari Program Quick Win sinergi Pertamina dan BNI dimana pembangunan Pertashop menyasar pengusaha daerah ataupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dibantu melalui fasilitas pembiayaan yang ditawarkan oleh BNI sebagai bentuk pemberdayaan UMKM dan ekonomi desa.

Hadir langsung dalam peresmian tersebut Direktur Keuangan PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Arya Suprihadi, Direktur Bisnis UMKM BNI, Muhammad Iqbal, perwakilan dari pemerintah daerah setempat, dan pengusaha daerah yang menggunakan fasilitas pembiayaan BNI dalam membangun Pertashop.

Direktur Keuangan PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero), Arya Suprihadi mengatakan bahwa Salah satu tugas Pertamina adalah memastikan ketahanan energi di seluruh wilayah di Indonesia sebagai bentuk pelayanan bagi masyarakat salah satunya melalui Pertashop yang merupakan bagian dari Program One Village One Outlet (OVOO) untuk mewujudkan energi berkeadilan.

"Seluruh masyarakat berhak menikmati energi berkualitas. Melalui program Quick Win dan Pertashop masyarakat tidak hanya dapat mengakses energi dengan mudah tanpa harus menempuh jarak yang jauh, namun memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat, UMKM, dan seluruh calon mitra lainnya untuk berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan energi negeri," ujar Arya.

Sebagai lembaga penyalur resmi berskala kecil milik Pertamina, Pertashop memiliki standar kualitas, operasional, dan harga yang sama. Karena itu, masyarakat sebagai konsumen tidak perlu khawatir akan kualitas dan harga produknya, dan bagi calon mitra, yakni pengusaha daerah ataupun UMKM tidak perlu khawatir pasokan dan prosedur operasional pelayanan yang akan diberikan karena semuanya akan melalui pelatihan.

"Saat ini sudah 1.371 Pertashop yang beroperasi di seluruh Indonesia. Harapannya, Pertashop dapat mempermudah aktivitas masyarakat sekaligus memberdayakan masyarakat diwilayah sekitar sehingga dampak kehadiran Pertashop tidak hanya dalam memudahkan akses energi, tetapi juga turut meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat di daerah tersebut," tambah Arya.

Arya menambahkan, kesempatan masyarakat menjadi mitra Pertashop masih sangat terbuka besar dan syaratnya juga mudah. Seluruh informasi dan persyaratan dapat dicek langsung melalui website https://kemitraan.pertamina.com/.

"Selain syarat yang mudah, dengan fasilitas pembiayaan yang diberikan BNI, harapannya pengusaha lokal, UMKM, dan masyarakat dapat terbantu dan memudahkan niat baik kita bersama untuk membangun Pertashop. Dengan pemberdayaan ini, ekosistem ekonomi daerah juga bisa terbangun dengan layanan tambahan seperti pangkalan LPG, pelumas, ataupun toko kelontong dan bisnis lain yang dapat dilakukan di titik Pertashop tersebut," pungkasnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Bisnis UMKM BNI, Muhammad Iqbal turut menyambut baik sinergi yang sudah berjalan dengan baik. Iqbal mengatakan, BNI dan Pertamina saat ini mengimplementasikan Program Quick Win dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan dan UMKM melalui Program Pertashop.

"Pertashop merupakan potensi untuk memberdayakan nasabah BNI terkhusus masyarakat di desa dan UMKM sekaligus memastikan ketersediaan energi diseluruh wilayah di Indonesia. Memfasilitasi hal ini merupakan salah satu bentuk implementasi komitmen BNI untuk mendorong perekonomian nasional di tengah kondisi pandemi," jelas Iqbal.

Iqbal turut mengucapkan apresiasi atas sinergi yang sudah terjalin dan berharap agar kerjasama dengan Pertamina ini bisa terus berkembang kedepannya. Menurutnya, jika sinergi ini dapat terus dikembangkan, dampak positifnya akan makin cepat dirasakan masyarakat.

"Tentu kita ingin berkembang. Selain makin banyak masyarakat yang kebutuhan energinya terlayani dengan baik, makin banyak pula UMKM dan ekonomi desa yang diberdayakan dalam prosesnya. Mudah-mudahan Pertashop yang kita resmikan pada kesempatan ini dan Pertashop-Pertashop lainnya juga selalu memberikan manfaat positif bagi masyarakat," tutup Iqbal.

Di bawah wilayah tim Sales Area (SA) Lampung Bengkulu Pertamina sendiri, saat ini sudah beroperasi 102 outlet Pertashop. Program Quick Win sinergi Pertamina dan BNI juga sangat sejalan dengan program SA Lampung Bengkulu yakni Pendekar Pertashop atau pendekatan komunitas dan stakeholder yang menyasar penetrasi ke komunitas masyarakat serta instansi daerah lainnya untuk didorong menjadi mitra Pertashop.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA