Sejumlah Wilayah di Garut Dikepung Banjir

IN
Oleh inilahcom
Jumat 26 Maret 2021
share
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Garut - Beberapa desa di Garut tergenang banjir dengan ketinggian bervariatif sejak Kamis (25/3/2021). Seperti di Kampung Pasirmuncang Rt.01 Desa Dangdeur Kecamatan Banyuresmi, Kampung Rancakujang Desa Cipicung Kecamatan Banyuresmi dan beberapa desa di Kecamatan Cibatu.


"Lokasi yang terendam banjir adalah Kampung Cipicung dan Legok Asri Desa Keresek, Kampung Citambal Desa Padasuka, Kampung Cileles Desa Cibunar, dan Kampung Babakan Desa Karyamukti. Selai kampung itu, Stasiun Cibatu yang ada di Desa Keresek juga terendam banjir," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan.

Ia menyampaikan, di Stasiun Cibatu, ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Banjir di wilayah Cibatu terjadi saat hujan deras turun sejak siang hingga menjelang malam.

"Debit air di Sungai Cipacing meningkat karena daerah resapan air berkurang, tapi kondisi sungainya mengalami pendangkalan akhirnya air pun meluap ke wilayah yang ada di sekitarnya," jelasnya.

Akibat banjir itu, sejumlah warga ada yang harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Walau begitu, ia memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka akibat peristiwa banjir itu.

"Untuk kerugian masih dalam pendataan. Hasil pemantauan di lapangan, kondisi air saat ini sudah mulai surut," pungkasnya. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA