https://dev-alb-jkt.lifepod.id/dmp?nw=SSP&clientId=imUQagXzHv

berita   27 March 2021 - 12:36 wib

Musda KNPI DKI Buktikan Pemuda Bersatu

berita-profile

Inilah

0

0

INILAHCOM, Jakarta - Organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai wadah berhimpun organisasi Kemasyarakatan Pemuda  (OKP) dan wadah pengembangan kepemudaan sejak 1973, tengah mengalami dinamika organisasi yang luar biasa dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini.

Hal ini disampaikan oleh Ahmad Hadi Hardilani , Ketua SC Kongres KNPI ke XV Tahun 2018 lalu, di sela sela acara Musdaprov satu  KNPI DKI Jakarta yang berlangsung di GOR Sunter Jakarta Utara, 26-28 Maret 2021.

Diddoy, sapaan Ahmad Hadi mengapresiasi semua kubu di tubuh KNPI yang ingin kembali organisasi KNPI ini solid dan memiliki marwah, semoga di tingkat nasional pun bisa digelar Kongres Bersama KNPI  di tahun 2021 ini, tentunya dengan persiapan yang rapih, matang, dan mengedepankan kebersamaan untuk merumuskan solusi agar organisasi kepemudaan ini memiliki output nyata buat masyarakat, bangsa dan negara serta menjadi teladan bagi generasi muda dan generasi milenial .

Banyak Sekali agenda agenda eksternal yang butuh perhatian , daya  kritis, kepedulian dan peran aktif pemuda. Hal ini tidak maksimal dan bahkan tidak jalan, karena energi kaum muda tersedot pada problem internal organisasi.

“Dibutuhkan perangkat aturan organisasi seperti AD /ART dan PO KNPI yang paripurna serta disiplin para pengurus dan anggota KNPI serta OKP dalam menjalankan aturan main berorganisasi sesuai dengan AD/ART yang sudah disahkan di forum Kongres. Komunikasi menjadi penting untuk menghilangkan ego yang kadang menjadi pemicu konflik, “ Pungkas Didoy.

Sementara soal masukan buat KNPI dan Kepemudaan, Diddoy yang pernah menjadi Ketua Panitia Nasional Hari Sumpah Pemuda Ke-73 Tahun 2001 (saat menjadi Ketua Presidium Kongres Pemuda Indonesia menyampaikan, Pertama,  secara internal perlu dibuat tim yang sifatnya cair untuk menyerap gagasan dan koreksi penyempurnaan AD/ART dan Peraturan Organisasi (PO), serta Tata Tertib dan Tata Cara pemilihan Ketua Umum. Hal ini harus dilakukan sebelum rapimpurnas dan Kongres.

Kedua , perlunya dibuat dokumen  Pakta Integritas yang ditanda tangani masing masing oleh DPP KNPI, DPD KNPI , OKP sebagai Stake holder KNPI sebagai bentuk komitmen dan konsistensi Kongres Satu-KNPI satu.

Ketiga, Perlunya para Ketua Umum OKP untuk secara intensif bertemu untuk membangun kesepahaman terkait problem berikut solusi komprehensifnya. Tentunya forum forum ini wajib difasilitasi oleh Pemerintah dan Negara, karena generasi muda berikut organisasi kepemudaan adalah aset bangsa, dan masa depan bangsa.

Keempat , Pemerintah melalui Lintas kementerian dan Lembaga Negara Wajib memberikan bantuan kepada KNPI dan seluruh OKP yang berhimpun di dalamnya , agar organisasi kepemudaan ini menjadi kuat dan berdaya.


“Dalam Musda Satu KNPI DKI Jakarta ini, saya mengapresiasi peran dan dukungan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI beserta jajaran Pemda DKI , sehingga Musda satu ini bisa terselenggara, serta para kandidat yang tampil ( Ronny Bara Pratama, Gusti Arief, Fitria Octarina) bisa berkompetisi secara fair dan bisa menjadi contoh buat kongres bersama nanti. Ketua Terpilih KNPI DKI bisa menjadi fasilitator tempat Kongres Bersama KNPI di Jakarta, Jadi Musda satu ini bisa menjadi pembuktian pemuda bisa bersatu” tutup Ahmad Hadi.

Komentar (0)

komentar terkini

Belum Ada Komentar

Berita Terkait

Tidak Ada Berita yang Relevan