Kuasa Hukum Habib Rizieq : Sidang Aja Sama Tembok

IN
Oleh inilahcom
Selasa 30 Maret 2021
share
Kuasa hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar Cs tak dapat masuk ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur

INILAHCOM, Jakarta - Kuasa hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar Cs tak dapat masuk ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Mereka tertahan karena ada pembatasan mengikuti protokol kesahatan, pada Selasa (30/3/2021).

Seorang anggota Polri terlihat bersitegang dengan kuasa hukum Rizieq. Ia meminta merekan meninggalkan area sekitar Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Aziz Yanuar dan kawan-kawan pun menyebut apa yang dilakukan aparat kepolisian sudah menyalahi aturan persidangan. Sebab, terdakwa Rizieq Shihab membutuhkan pendampingan kuasa hukum karena itu merupakan hak dari terdakwa.


"Bahwa sudah jelas yang mau sidang pak Polisi sama Hakim sama Jaksa. Alasan mereka tidak jelas. Kuasa hukum belum ada yang masuk mendampingin Rizieq Shihab di dalam Pengadilan Negeri Jakarta Timur," kata Aziz di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Salah satu kuasa hukum yang menggunakan kopiah putih lalu berteriak karena kesal dengan apa yang dilakukan aparat terhadap mereka.

"Keluar aja semuanya biar enggak ada lawyer, biar engga bisa sidang. Udah keluar aja semua. Sidang aja sama tembok," ujarnya.


Diketahui, Pengadilan Negeri Jakarta Timur kembali menggelar sidang kasus karantina kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab. Agenda sidang pada Selasa (30/3/2101) yakni tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terhadap eksespsi atau nota keberatan terdakwa atas dakwaan yang disangkakan.

Adapun perkara yang disidangkan yakni nomor 221, 222 untuk kasus kerumunan warga di Petamburan, Jakarta Pusat, 226 kasus kerumunan warga di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Megamendung, Bogor.

Serta perkara nomor 223 untuk kasus tes swab Rizieq Shihab di RS UMMI Bogor, dalam sidang kali ini Rizieq Shihab kembali dihadirkan di ruang sidang sebagaimana sidang sebelumnya. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA