Tol Ini Akan Diresmikan Jokowi

IN
Oleh inilahcom
Kamis 01 April 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal meresmikan jalan tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 kilometer dan Tol Serpong-Cinere Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer, Kamis (1/4/2021).

Hal itu disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono disaat meninjau kedua ruas tol tersebut pada Selasa (30/3/2021) lalu.

Dua ruas tol ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun guna melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jakarta-Cobogr-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

"Harapannya jalan tol ini bisa segera operasi karena sudah ditunggu masyarakat," kata Basuki.

Ruas tol ini dikelola PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan biaya konstruksi sebesar Rp 1,96 triliun.

Pembangunan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran-Tirtayasa) sepanjang 2,04 kilometer, dan Seksi II (Tirtayasa-Benteng Betawi) sepanjang 3,52 kilometer. Kemudian Seksi III (Benteng Betawi-H Sastranegara) sepanjang 6,57 kilometer, dan yang terakhir Seksi IV (H Sastranegara-SS Benda) sepanjang 2,06 kilometer.

Tol Cengkareng-Batu Seper-Kunciran akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara.

Selain itu juga dilengkapi 3 Simpang Susun (SS) yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda. Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu.

Sedangkan untuk Ruas Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,1 kilometer terdiri atas 2 seksi, yakni Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer yang sudah rampung, serta Seksi II Pamulang-Cinere sepanjang 3,6 kilometer dengan progres pengerjaan 86 persen.

Pengusahaan ruas tol ini dilakukan oleh PT Cinere Serpong Jaya dengan biaya konstruksi Rp 2,1 triliun. Untuk sisa seksi 2 Pamulang-Cinere akan tersambung ke Ruas Tol Cinere- Jagorawi (Cijago) dan Tol Depok-Antasari, sehingga menjadii jaringan yang terhubung.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA