Kasus Jiwasraya, MA Dinilai Bisa Batalkan Vonis

IN
Oleh inilahcom
Kamis 01 April 2021
share
 

NILAHCOM, Jakarta - Kejaksaan Agung mengajukan kasasi di Mahkamah Agung (MA) karena merasa tak puas dengan keputusan tingkat banding oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta terhadap enam terdakwa skandal Jiwasraya.

Praktisi Hukum sekaligus Ketua Umum Advokasi Rakyat untuk Nusantara (ARUN), Bob Hasan, mengungkapkan bahwa di dalam portofolio reksadana Jiwasraya ada 124 emiten (pemilik saham) tercatat.

"Tidak pernah seluruh 124 emiten tersebut diaudit. Yang selama ini kan diketahui hanya dua emiten, punyanya terdakwa Benny Tjokro dan Heru Hidayat," ujar

Menurut dia, ada penerapan hukum yang tidak benar dalam persidangan sebelumnya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi dan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

"Jadi dua emiten atas nama Benny Tjokro dan Heru Hidayat, oke sudah divonis bersalah. Tapi bagaimana dengan 122 emiten lainnya? Kenapa tidak pernah dilakukan pemeriksaan," katanya.

Ia menambahkan, Majelis Hakim MA penting untuk menilai keberadaan 122 emiten sisanya guna membongkar fakta kerugian keuangan negara dari Jiwasraya yang mencapai Rp16 triliun lebih.

Ia menegaskan, Majelis Hakim MA nantinya dapat saja membatalkan vonis di pengadilan sebelumnya dengan dalil bahwa ada proses yang kurang terpenuhi sebab tidak memeriksa seluruh 124 emiten.

"Sehingga ada keadilan. Terungkap dari mana saja kerugian uang negara Rp16 triliun lebih itu jika semua 124 emiten diaudit," tandasnya. [ton]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA