Data Pertamina Diretas? Pakar IT Sarankan Ini

IN
Oleh inilahcom
Senin 05 April 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Pakar IT Universitas Pakuan, Dr Andi Chairunnas menilai, jika kebocoran data internal PT Pertamina (Persero), beberapa waktu lalu perlu ada perbaikan secara struktural.

Lantaran, tim IT di internal Pertamina tampak tidak di-upgrade. "Perlu kiranya diperbaiki bahkan menurut saya soal kemananan data ya orang-orang internalnyalah yang sesering mungkin dalam hal ini programmernya di upgrading untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut," kata Andi beberapa waktu lalu.

Andi melihat, jika data internal sekelas BUMN seperti Pertamina ini bocor dan dijual oleh peretas di situ dark web, tentu tim IT Pertamina tidak peka. "Cuma kalau tim IT nya peka ya aman," ujarnya.

Sebelumnya, sekelompok peretas bernama RansomEXX mengklaim telah membobol sistem komputer PT Pertamina, lalu membocorkan data internal milik perusahaan BUMN tersebut ke situs di dark web.

Menurut informasi yang didapat dari internal Pertamina yang tidak bisa disebutkan namanya, tim IT Pertamina ini di bawah kendali Direktur Penunjang Bisnis, M Haryo Yunianto.

Kebocoran data internal Pertamina ini sangat berbahaya sehingga muncul kesan tidak cakap dalam melaksanakan tugas. Untuk itu Menteri BUMN Erick Thohir sebagai perwakilan pemegang saham perlu turun tangan. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA