Bea Cukai Terima Berbagai Kunjungan dan Kerja Sama

IN
Oleh inilahcom
Selasa 06 April 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Bea Cukai menerima kunjungan dari berbagai pihak dalam memperkuat sinergi antar instansi. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk implementasi kerja sama dalam membuat langkah-langkah strategis ke depannya.

Plt. Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Hatta Wardhana menjelaskan bahwa banyaknya Kantor Bea Cukai di berbagai daerah yang menerima kunjungan tersebut merupakan bentuk keterbukaan dan transparansi Bea Cukai kepada seluruh stakeholder dalam mewujudkan sinergi dan kolaborasi.

"Kita selalu terbuka dan siap untuk bersinergi dan bekerja sama. Terutama masyarakat jangan ragu untuk dateng ke kantor atau menghubungi kami jika membutuhkan pelayanan," ujarnya.

Hatta menyebutkan beberapa kantor Bea Cukai pada periode bulan Maret hingga April 2021 telah menerima kunjungan mulai dari Wakil Menteri Keuangan, berbagai Kementerian/Lembaga, Komisi XI DPR RI, pengguna jasa, hingga Kastam Diraja dari Malaysia.

Beberapa kantor Bea Cukai tersebut diantaranya, Bea Cukai Tanjung Perak yang menerima kunjungan Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara, dalam rangka meninjau penerapanNational Logistic Ecosystem(NLE) dalam penggunaan aplikasi NLE dan peninjauan penerapan lapangan di Bea Cukai Tanjung Perak.

Sebelumnya, Bea Cukai Priok juga menerima kunjungan kerja Komisi XI DPR RI meninjau perkembangan terkini kinerja petugas lapangan dan menerima masukan dan keluhan serta aspirasi petugas lapangan.

Selain itu, Bea Cukai Cirebon mendapat kunjungan dari Atase Kastam Diraja Malaysia, Mohd Syukri Ahmad yang merupakan bagian dari rangkaian networking visit ke beberapa Kantor Bea Cukai di Indonesia. Selain itu, kunjungan ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi kerja sama bilateral Bea Cukai dengan institusi Kepabeanan untuk mempererat hubungan kerja sama antar instansi kepabeanan di dunia.

Kunjungan lainnya juga dilakukan oleh berbagai lembaga dan instansi diantaranya kunjungan Asosiasi Produsen E-Liquid Indonesia (APEI) ke Bea Cukai Bandung, kunjungan Angkasa Pura Logistik ke Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Utara, kunjungan Wakil Bupati Sambas ke pos lintas batas negara (PLBN) Aruk bersama Bea Cukai Sintete, kunjungan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan ke Bea Cukai Pangkalpinang, kunjungan Mabes Polri di PLBN SKOUW bersama Bea Cukai Jayapura, dan kunjungan Komandan Detasemen Polisi Militer I/4 Padang ke Bea Cukai Telukbayur.

Hatta mengungkapkan, kegiatan ini juga merupakan upaya Bea Cukai untuk bekerja sama dan bersinergi, khususnya di lingkup eksternal. Hal ini juga merupakan salah satu amanat dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani bahwa sinergi merupakan kebutuhan, keharusan, juga strategi untuk mencapai tujuan bersama. "Sehebat apapun kita, tidak ada urusan negara yang begitu besar dan kompleks ini yang bisa dilaksanakan sendiri. Kunjungan dalam rangka sinergi ini lah yang merupakan salah satu wujud Bea Cukai dalam melaksanan tugas negara," pungkas Hatta. [adv]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA