Program Siap Darling

Generasi Muda Diajak Hijaukan Candi dari Rumah

IN
Oleh inilahcom
Rabu 07 April 2021
share
 

Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui program Candi Darling From Home mengajak generasi muda untuk tetap berkegiatan menjaga dan melestarikan lingkungan dengan cara-cara yang kreatif.

Candi Darling From Home merupakan adaptasi program Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) yang kini diselenggarakan secara daring. Terdapat tiga candi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipercantik dan dihijaukan melalui kegiatan ini, yakni Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong.

Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation Tania Anggriani Arbi menuturkan, mekanisme pelaksanaan kegiatan tersebut sepenuhnya berlangsung daring.

Anak-anak muda peduli lingkungan yang ingin berpartisipasi bisa menguggah kegiatan bertema peduli lingkungan di akun media sosialnya dan memberikan tagar #CandiDarlingFromHome serta menuliskan tag akun resmi @siapdarling.

"Setiap satu postingan akan dihitung sebagai donasi satu bibit pohon yang akan ditanam di kawasan Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong," kata Tania dalam jumpa pers secara daring, Rabu (7/4).

Selain aksi menanam pohon, lanjut Tania, wujud cinta lingkungan juga dapat dilakukan dengan kegiatan lari dan bersepeda. "Nanti akan diikonversi menjadi satu buah bibit pohon," ucapnya.

Candi Darling From Home menargetkan partisipasi generasi muda dapat menghimpun tak kurang dari 10 ribu pohon dan tanaman.

Seluruh bibit pohon dan tanaman berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Djarum Foundation di Kudus, Jawa Tengah.

Jenis yang akan ditanam juga menyesuaikan karakteristik dan lingkungan tempat candi tersebut berada.

Communication Director Djarum Foundation Mutiara Asmara menambahkan, Candi Darling From Home merupakan sebuah movement guna menantang generasi milenial agar lebih terlibat dalam pelestarian warisan sejarah.

"Program ini akan dilaksanakan hingga 2025 dan diharapkan dapat mencakup penghijauan seluruh candi-candi di Indonesia," tutur Mutiara.

Plt. Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta Zaimul Azzah berharap kegiatan tersebutmakin menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki terhadap warisan sejarah bangsa.

"Diharapkan bisa menjadi sarana edukasi agar mereka bisa makin kenal perjalanan sejarah bangsa ini," kata Zaimul.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA