Puluhan TKI Ilegal Asal NTB Diamankan BP2MI

IN
Oleh inilahcom
Kamis 08 April 2021
share
Foto Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Sebanyak 26 orang tenaga kerja wanita (TKW) ilegal asal Nusa Tenggara Barat (NTB), dicegah ke luar negeri, Rabu (7/4/2021) malam, oleh Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).


Sebanyak 26 orang calon pekerja migran Indonesia (PMI) itu diamankan di lokasi penampungan sementara mereka, di apartemen kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Setelah kami kumpulkan, semua berjumlah 26 orang PMI yang mayoritas berasal dari Nusa Tenggara Barat. Dari hasil wawancara singkat tadi, mereka mengaku akan diberangkatkan ke negara-negara Timur Tengah seperti Bahrain, Arab Saudi, Abu Dhabi (Uni Emirat Arab), dan beberapa negara Timur Tengah lain," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis BP2MI Provinsi DKI Jakarta Mucharom Ashadi.


Awalnya petugas mendapat informasi dari masyarakat ada sekumpulan orang di salah satu apartemen di Jakarta Utara.

Setelah dilakukan pendalaman, ternyata benar calon PMI tersebut dikumpulkan dalam tiga kamar apartemen yang kapasitasnya masing-masing maksimal bisa diisi lima orang.

"Ternyata ditemukan ada di salah satu kamar sembilan orang (calon) PMI, di kamar yang berbeda ditemukan 10 (calon) PMI. Total tiga kamar semuanya berisi (calon) PMI," ucapnya.

Diketahui sejak keluarnya Keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Nomor 250 Tahun 2015, penempatan PMI untuk negara Timur Tengah sebagai pekerja domestik atau rumah tangga masih ada moratorium atau dengan kata lain, dilarang. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA