Isu Reshuffle Nadiem, Ini Reaksi Komisi X DPR RI

IN
Oleh inilahcom
Rabu 14 April 2021
share
Nadiem Makarim

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Pareira menilai, isu reshufle saat ini berkaitan dengan penggabungan Ristek ke Kemdikbud, dan pembentukan Kementerian baru sehingga tetap ada 34 Kementerian.


Sementara Ristek terapan (applied research) dikoordinasi dibawh BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) yang merupakan Lembaga Negara setingkat Kementerian sama seperti BKPM, BNPB atau BKN, sementara riset Pendidikan oleh Perguruan Tinggi ada dibawah koordinasi Kemdikbud (mungkin bisa dibentuk satu Dirjen yang khusus mengurus riset pendidikan).

"Sehingga sebenarnya reshufle ini tidak ada kaitan dengan kinerja Menteri apalagi Mendikbud," kata Andreas, dalam keterangannya, Rabu (14/4/2021).

Justru, lanjut politisi PDI Perjuangan ini, Mendikbud akan diberi tanggung jawab tambahan yaitu mengoordinasi riset Pendidikan.

"Sebagai anggota Komisi X saya melihat selama ini kinerja Nadiem Makarim bagus-bagus saja, bahkan dengan Nadiem sedang mempersiapkan terobosan dalam dunia pendidikan dengan merdeka belajar, kampus merdeka dan peningkatan status guru2 honorer. Saya tidak melihat urgensi dan relevansi utk mereshufle Nadiem," pungkasnya.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA