Ilham Saputra Jadi Ketua Definitif KPU RI

IN
Oleh inilahcom
Rabu 14 April 2021
share
Ilham Saputra bersama mantan Ketua KPU RI Arief Budiman - Foto Istimewa

INILAHCOM, Jakarta - Ilham Saputra ditunjuk sebagai ketua definitif Komisi Pemilihan Umum dalam rapat pleno pada Rabu 14 April 2021.

Adapun Ilham Saputra sudah menjabat pelaksana tugas Ketua KPU sejak 15 Januari 2021 yang disetujui lewat pleno setelah putusan DKPP yang memberhentikan Arief Budiman dari jabatan ketua.

"Hari ini, Rabu (14/4/2021), Rapat Pleno Anggota KPU RI telah menyepakati Ilham Saputra sebagai Ketua KPU RI definitif, setelah sebelumnya Ilham Saputra juga menjabat pelaksana tugas Ketua KPU RI sejak 15 Januari 2021," kata Anggota KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Rabu (14/4/2021).

Kesepakatan dalam rapat pleno tersebut sesuai amanah Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan umum, khususnya pada Pasal 10 Ayat 5 menyebutkan Ketua KPU, Ketua KPU provinsi, kabupaten kota dipilih dari dan oleh anggota KPU.

Rapat pleno ini juga menyepakati penataan divisi. Sementara Arief Budiman, kini memimpin divisi SDM, organisasi, diklat litbang.

Diketahui, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi terhadap Arief Budiman yakni pemberhentian dari jabatan Ketua KPU RI.


Arief Budiman dinyatakan terbukti melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara pemilu karena mendampingi atau menemani Evi Novida Ginting Manik yang telah diberhentikan DKPP pada 18 Maret 2020 untuk mendaftarkan gugatan ke PTUNJakarta.

Tindakan Arief Budiman menerbitkan Surat KPU Nomor 663/SDM.13-SD/05/KPU/VIII/2020 dengan menambah klausul yang meminta Evi Novida Ginting Manik aktif melaksanakan tugas sebagai anggota KPU Periode 2017-2022 merupakan tindakan penyalahgunaan wewenang dalam kedudukan sebagai Ketua KPU RI. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA