Komnas HAM Kirim Tim Ajak KKB Stop Kekerasan

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 17 April 2021
share
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengirim tim untuk mengupayakan agar Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menghentikan kekerasan yang saat ini sedang digencarkan KKB.

"Supaya mengajak katakanlah kelompok yang selama ini sebagai kelompok di belakang KKB itu untuk mau melakukan penghentian kekerasan," ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (17/4/2021).

KKB diketahui membunuhguruhingga tukang ojek diDistrik Beoga, Puncak, Papua. Tindakan tersebut justru merugikan banyak pihak.


"Merugikan semua pihak yang ada di sana," tandasnya.

Cara tim tersebut menyampaikan imbauan adalah dengan berkoordinasi ke tokoh-tokoh masyarakat setempat tempat KKB berada. Warga sipil harus dilindungi. KKB tidak boleh menyerang warga sipil.

"Apa pun tindakan KKB merupakan tindakan kejahatan, tetapi tidak boleh menyasar ke warga sipil yang sama sekali tidak bersalah. Mereka harus dilindungi dan dihormati hak-haknya," pungkasnya.


Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Sabtu (17/4/2021), kembali berulah dan kali ini membakar rumah rumah kepala suku dan berbagai fasilitas pendidikan yang ada di kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua.

Di Distrik Beogaterdapat Satuan Tugas Newangkawi--gabungan tentara dan polisi-- yang sejak beberapa waktu lalu ditugaskan untuk memberantas kelompok bersenjata. Kelompok bersenjata ini sejak lama beraksi dengan pola menyebar teror kepada warga dan alat negara. [wll]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA