Dorong Sinergi,BC Dukung Bulan Mutu Karantina 2021

IN
Oleh inilahcom
Senin 19 April 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Sinergi antarinstansi, Bea Cukai menghadiri Bulan Mutu Karantina 2021 dan Indonesia Satu Ekspor dari Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan di Indonesia.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Bea Cukai, Sudiro mengungkapkan bahwa sinergi antarinstansi merupakan suatu hal yang harus dilakukan untuk menciptakan efisiensi baik dari segi pelayanan maupun pengawasan.

"Dalam kesempatan Bulan Mutu Karantina 2021 ini Bea Cukai juga memafasilitasi kegiatan ekspor di berbagai daerah," ungkapnya. Beberapa kantor Bea Cukai yang hadir dalam kegiatan tersebut yaitu, Bea Cukai Belawan, Bea Cukai Juanda, Bea Cukai Bitung, Bea Cukai Pontianak, dan Bea Cukai Banjarmasin.

Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan wujud nyata pelayanan di bidang perikanan dan kelautan sehingga pengguna jasa mampu memaksimalkan potensi alam yang ada serta mendorong ekspor untuk pertumbuhan ekonomi.

Dalam penyelenggaraan acara tersebut Bea Cukai Belawan memberikan penghargaan kepada SKIPM Medan II atas kinerja dan kerjasama yang baik dalam mendukung Bea dan Cukai melaksanakan tugas Pengawasan dan Pelayanan kepada Masyarakat dalam rangka Bea Cukai Belawan Award 2020. Sementara di Juanda, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Budi Harjanto menerima penghargaan dalam hal pengawasan dan penegakan hukum bidang kelautan dan perikanan dari Kepala BKIPM Surabaya I.

Sementara itu di Bitung, Bea Cukai menjadi salah satu instansi yang menerima apresiasi dari Kepala Balai BKIPM Manado, Muhammad Hatta Arisandi. Apresiasi tersebut disampaikan atas sinergi serta kerja sama yang telah dibangun sehingga mampu mewujudkan ekspor perikanan dan kelautan sebesar 280.000kilogram dengan nilai Rp20 miliar.

Kegiatan di Pontianak juga diwarnai dengan pelepasan ekspor produk ikan dari PT Wajok Inti Lestari berupa 250 ekor arwana super red dan CV Mitra Alam Perkasa berupa 250 kg siput laut kering. Kegiatan serupa juga dilakukan di Banjarmasin. Sebanyak 47 ton marine product berupa kepiting dan frozen shrimp sebanyak 47 Ton dari Kalimantan Selatan menuju Negara China dan Jepang.

Bea Cukai Banjarmasin sebagai instansi vertikal dibawah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memberikan dukungan secara penuh terkait kegiatan ekspor di wilayah Kalimantan Selatan, bentuk dukungan yang diberikan antara lain dengan mengakomodir pelaksanaan Focus Group Discussion "Direct Call Export & National Logistic Ecosystem." [adv]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA