Hari Kartini Puan Tekankan Penting Budaya Literasi

IN
Oleh inilahcom
Rabu 21 April 2021
share
Ketua DPR Puan Maharani

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pentingnya menumbuhkan budaya literasi dari lingkup keluarga sebagai bekal mewujudkan kemajuan bangsa Indonesia.

Hal ini disampaikan bersama dengan Bertepatan Hari Kartini pada 21 April dalam diskusi peringatan Hari Kartini yang digelar secara virtual oleh Perpusnas.


Puan menyampaikan, kemampuan literasi seperti membaca, menulis, serta mengolah dan memahami informasi, membuat seseorang bisa menyerap begitu banyak ilmu pengetahuan, bisa menuangkan gagasan dan berpikir kritis, serta memiliki keahlian problem solving.

Untuk itu, dalam konteks menumbuhkuatkan budaya literasi itu, peran aktif perempuan Indonesia sangat menentukan. Khususnya dalam ruang lingkup yang penting, yaitu keluarga.


"Jika R.A. Kartini tidak memiliki kemampuan literasi, maka tidak akan ada buku "Habis Gelap Terbitlah Terang" yang isinya sudah menginspirasi banyak Kartini-Kartini lintas generasi hingga masa kini," ucapnya.

Puan menambahkan keluarga merupakan unit masyarakat yang terkecil tetapi berperan besar dalam kemajuan sebuah bangsa. Keluarga adalah titik awal kehidupan seseorang dimulai, dan peran perempuan sangat besar dalam keluarga.

"Tentunya kita ingin setiap anak Indonesia memiliki titik awal kehidupan yang baik. Nilai-nilai yang ditanamkan di dalam keluarga adalah nilai-nilai yang akan turut membimbing hidup seseorang sepanjang hidupnya," pungkasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA