Cegah Pemalsuan

Bea Cukai Sosialisasi Identifikasi Pita Cukai

IN
Oleh inilahcom
Rabu 21 April 2021
share
 

Guna meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan terhadap peredaran barang kena cukai (BKC) berpita cukai ilegal, Bea Cukai di berbagai daerah gelar sosialisasi identifikasi pita cukai desain tahun 2021 yang mengusung tema biota laut.

Plt Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, M. Hatta Wardhana, mengatakan, "Pita cukai desain tahun 2021 mengusung tema biota laut. Secara kasat mata, dapat terlihat bentuk tanaman dan hewan di bawah laut seperti anemon laut, ikan, dan gelembung-gelembung sebagai visual pendukung dalam desain, serta dilengkapi dengan beberapa fitur seperti serat kasat mata berwarna cokelat dan jingga pada pita cukai yang dapat memperkuat keaslian pita cukai," katanya dalam keterangan tertulis.

Dari data jumlah hasil identifikasi sampel pita cukai tahun 2020 oleh Perum Peruri, pita cukai palsu yang beredar di pasar masih ada sebanyak 22%, pita cukai bekas sebanyak 39% dari total sebanyak 1 juta sampel.

"Penerimaan cukai berperan aktif dalam menjaga ekonomi agar tidak merosot khususnya dimasa pandemi. Identifikasi pita cukai juga dipermudah dengan aplikasi dari Perum Peruri, sehingga Bea Cukai bisa semakin baik dalam mengawasi dan meminimalisir peredaran BKC dengan pita cukai illegal," ungkap Hatta.

Menindak lanjuti masih maraknya peredaran BKC illegal di masyarakat, beberapa unit vertikal melaksanakan kegiatan sosialisasi identifikasi pita cukai desain tahun 2021. Kegiatan ini berlangsug baik secara luring seperti Kanwil Bea Cukai Bali, NTB dan NTT, Kanwil DJBC Sumatera Utara, Bea Cukai Kediri, Bea Cukai Tasikmalaya dan Bea Cukai Malang ataupun secara daring seperti Bea Cukai Bitung.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pegawai Bea Cukai, baik pegawai pada bidang pengawasan ataupun pegawai pada bidang lain. Seluruh pegawai Bea Cukai wajib tahu cara mengidentifikasi pita cukai, apalagi cara identifikasi bisa dilakukan dengan kasat mata, tentunya ini akan memudahkan kita dalam mengawasi." lanjut Hatta.

Hatta kemudian menambahkan dengan sosialisasi ini, pegawai Bea Cukai diharapkan mampu mengidentifikasi keaslian pita cukai sehingga peredaran BKC ilegal di masyarakat dapat ditekan dan berkurang. Sehingga Bea Cukai dapat berperan lebih aktif dalam menjaga dan meningkatkan ekonomi nasional dari bidang cukai.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA