KPK Sebut Azis Syamsudin Bakal Jadi PR

IN
Oleh inilahcom
Jumat 23 April 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan bahwa Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin (AZ) merupakan pekerjaan rumah pihaknya yang harus diselesaikan.

Dalam kasus yang baru digelar perkara, nama Azis muncul diduga sebagai fasilitator yang mempertemukan antara penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju (SRP) dengan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial (MS).

"Tentu sudah dikatakan pertemuan antara AZ, SRP dan MS di di kediaman AZ ini juga akan menjadi PR kami yang harus kami tuntaskan dan dikawal KPK," kata Firli di kantornya, Kamis (22/4/2021) malam.

Firli mengungkapkan bahwa ada pertemuan antara Syahrial dengan penyidik berlatar belakang polisi itu di rumah Azis.

"Pada Oktober 2020, SRP (Stepanus Robin Pattuju) melakukan pertemuan dengan MS di rumah dinas AZ (Azis), wakil ketua DPR RI di Jakarta Selatan," ujar Firli.

Firli meyakini tersangka dalam kasus ini tidak hanya berhenti pada Stepanus, Syahrial, dan pengacara Maskur Husain. Menurut dia, seluruh pihak akan dilihat mengenai perbuatannya. "Kami harus lihat kapan kejadian, di mana kejadian, siapa yang masuk dalam peristiwa itu," tegasnya.

Firli juga ingin mengetahui apakah ada keterkaitan langsung antara Azis dengan Stepanus sehingga penyidik dari Polri itu berani menghentikan proses hukum jual beli jabatan di Pemkot Tanjungbalai yang diduga melibatkan Syahrial.

"Kami tidak bisa menjawab karena kami belum mendapatkan informasi keterangan dari Saudara AZ, termasuk juga ini perlu kami dalami. Tetapi yang pasti penanganan ini belum selesai malam hari ini," kata dia.

Seperti diketahui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan penyidiknya, AKP Stepanus Robin Pattuju, sebagai tersangka karena menerima suap. Penyidik berlatar belakang polisi itu diduga menerima suap dari Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial melalui pengacara Maskur Husain. Syahrial dan Maskur juga ditetapkan tersangka dalam kasus ini.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA