BC Jateng-DIY Amankan 704 Ribu Batang Rokok Ilegal

IN
Oleh inilahcom
Jumat 23 April 2021
share
 

INILAHCOM, Semarang - Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jateng DIY kembali gagalkan peredaran rokok ilegal tak bercukai sebanyak 704 ribu batang di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (19/04/2021).

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Jateng DIY, Moch Arif Setijo Nugroho, mengungkapkan kronologis penindakan berawal dari informasi intelijen terkait dugaan pengiriman rokok ilegal tujuan Sumatera menggunakan truk dengan ciri tertentu. "Tim penindakan melakukan pendalaman informasi, lalu melakukan penelusuran di ruas Jalan Tol Semarang-Batang dan Jalur Pantura Semarang-Batang. Pada pukul 20.00 WIB, tim mendapati truk dimaksud kemudian melakukan pengejaran, penghentian dan dilanjutkan pemeriksaan sarana pengangkut," ungkap Arif.

Arif menyampaikan, tim penindakan berhasil mengamankan barang bukti berupa rokok yang tidak dilekati pita cukai (polos) jenis sigaret kretek mesin (SKM) sebanyak 41 karton yang berisi 704 ribu batang. Total nilai barang tersebut sebesar Rp718.000.000 dengan potensi kerugian negara yang berhasil diamankan sebanyak Rp471.000.000.

"Pelaku peredaran rokok polos ini sengaja mengelabui petugas dengan menyembunyikan rokok di bawah muatan telur sebagai modusnya. Saat ini, barang hasil penindakan, satu unit truk beserta sopir dan kernet dibawa ke Kanwil Bea Cukai Jateng DIY untuk pengamanan dan pemeriksaan lebih lanjut," tambah Arif.

Arif menegaskan, bahwa terhadap pelaku peredaran rokok ilegal dapat dijerat dengan Pasal 54 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai, dimana setiap orang yang menawarkan, menyerahkan, menjual, atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dilekati pita cukai atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya dipidana dengan pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lima tahun dan/atau pidana denda paling sedikit dua kali nilai cukai dan paling banyak 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar.

"Kami, Bea Cukai senantiasa menjalankan tugas kami dalam melindungi masyarakat dari bahaya barang ilegal. Disamping itu, kami juga tidak mengesampingkan tugas kami dalam mengamankan penerimaan negara. Operasi penindakan ini merupakan bentuk nyata bahwa kami dengan tegas secara aktif terus memberantas beredarnya rokok ilegal di tengah masyarakat," ungkap Arif. [adv]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA