Bisnis Berpondasi Agama, Sukses Dunia Akhirat

IN
Oleh inilahcom
Jumat 23 April 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Tidak sedikit orang yang membuka bisnis hanya ingin tuntuk meraup keuntungan materi sebanyak banyaknya. Namun berbeda dengan Agus Wawan atau yang dikenal sebagai Agwan Mblitar dan keluarganya pemilik beberapa bisnis besar di Blitar yaitu Mayangkara Group.

Salah satu dari bisnis keluarganya ialah SPBU. Saat ini bisnis Agwan Mblitar dan keluarganya sudah memiliki 23 SPBU di Indonesia. Dari terbukanya SPBU milik Agwan Mblitar dan keluarganya membuat ia memiliki banyak karyawan. Saat ini Agwan Mblitar memiliki 1500 hingga 2000 karyawan.

Menurutnya, cara melatih karyawannya pun juga berbeda dengan yang lain. Di saat pebisnis yang lain mengutamakan skill atau etos kerja yang bagus, berbeda dengan Agwan Mblitar dan keluarganya yang justru semua karyawan yang bekerja di Mayangkara Group harus bisa mengaji.

Mayangkara Group mendidik karwayannya dengan cara yang sangat religius. Dalam membentuk karakter karyawannya pondasi yang ditanamkan oleh ayah dari Agwan Mblitar sendiri ialah harus bekerja untuk akhirat. "Pertama kali yang diucapkan ayah saya kepada karyawannya ialah, 'Kamu kerja disini bukanlah buat dunia, melainkan kamu kerja disini untuk akhiratmu nanti'," kata Agwan Mblitar.

Jadi dalam mendidik karyawan di Mayangkara Group yang pertama bukanlah knowledge atau materinya, melainkan pondasinya adalah jiwanya ataupun mentalnya.

Selain itu, Mayangkara Group juga mewajibkan seluruh karyawannya untuk mengaji dan sholat malam setiap harinya.

Agwan Mblitar dan keluarganya pun membuat TPQ di setiap unit unit agar karyawnnya dapat mengaji setiap harinya. Dan untuk memonitor atau memastikan karyawannya untuk sholat malam, ayah dari Agwan Mblitar ini bertausiyah di setiap jam 2,3 hingga jam 5 pagi dan seluruh karyawannya pun harus merespon tausiyah tersebut.

Adapun beberapa admin untuk mengawasi karyawan karyawan untuk tetap menjalankan kewajibannya agar sesuai dengan visi misi yang telah di tetapkan oleh Mayangkara Group ini.

Tidak hanya itu, program mulia lainnya, Mayangkara Group akan rutin memberangkatkan 30 karyawannya untuk umroh 2 kali dalam setahun. Karyawan yang rajin dalam menjalankan mengaji dan sholat malamnya akan mendapatkan rangking, dan ranking 1 hingga 17 akan diberangkatkan umroh gratis oleh Mayangkara Group, sisanya dari ranking yang rajin akan diundi untuk berangkat umroh tersebut.

"Kita bekerja itu bukan hanya untuk hari ini, melainkan uangmu untuk anak-anakmu untuk menyekolahkan dan memberi makan hingga jadi mengalir di darah mereka. Kamu harus pastikan bahwa itu dari sumber yang baik dan kamu juga akan diminta pertanggungjawaban nanti, bagaimana kamu mnegelola anak buahmu, sudah kamu arahkan ke jalan yang baik nggak," kata Abah Agwan Mblitar kepada anak anaknya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA