;mudik lokal;sumsel;dilarang;

Masyarakat Sumsel Resmi Dilarang Mudik Lokal

IN
Oleh inilahcom
Selasa 04 Mei 2021
share
Foto Ilustrasi

INILAHCOM, Palembang - Pemerintah Sumatera Selatan (Sumsel) secara resmi melarang masyarakat melakukan mudik lokal antar kabupaten-kota pada 6-17 Mei 2021.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel Nasrun Umar mengatakan pelarangan tersebut mengacu pada edaran pemerintah pusat untuk mencegah membludaknya kasus positif COVID-19 menjelang dan pasca-lebaran.

"Karena pemerintah pusat sudah melarang maka daerah harus melanjutkan aturan yang sudah digariskan," kata Nasrun.

Menurut dia, kategori warga yang diizinkan mudik atau melakukan perjalanan hanya untuk orang sakit, melahirkan, keluarga meninggal, kendaraan logistik dan perjalanan dinas yang memegang surat izin serta hasil tes negatif COVID-19.


Namun pihaknya tetap memberlakukan pengawasan ketat terhadap warga yang dikecualikan itu, salah satunya dengan pemeriksaan rapid antigen di posko-posko penyekat perbatasan jika tidak membawa hasil tes COVID-19.

Antigen akan disediakan di posko penyekatan mulai H-7 sampai H+7, kalau positif maka putar balik untuk isolasi, kata dia.

Pihaknya berharap masyarakat mematuhi larangan tersebut, karena Sumsel masih memberlakukan PPKM Mikro dan hampir merata kabupaten/kota sedang berada di zona oranye.

Ia menjelaskan kondisi kasus COVID-19 saat initercatat hingga 2 Mei 2021 total kasus positif telah mencapai 20.726 kasus di urutan ke 14 secara nasional sehingga menurutnya angka akumulasi tidak terlalu jelek. [wll]

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA