Urus Pajak 3 Perusahaan, Angin Dapat Miliaran

IN
Oleh inilahcom
Selasa 04 Mei 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Pemeriksaan dan Penagihan pada Direktorat Jenderal Pajak tahun 2016-2019 Angin Prayitno Aji (APA) mengantongi miliaran rupiah dari hasil 'mengurusi' pajak perusahaan.

Ketua KPK Firli Bahuri dalam jumpa persnya menyebut, 3 perusahaan yang berhubungan dengan Angin untuk mengurangi nilai wajib pajak perusahaan yang harus disetor ke negara.

Sebagai imbalan, Angin dan Dadan Ramdani (DR) selaku Kepala Subdirektorat Kerjasama dan Dukungan Pemeriksaan pada Direktorat Jenderal Pajak mendapat persenan dari 3 perusahaan tersebut.

"APA bersama DR diduga melakukan pemeriksaan pajak terhadap 3 wajib pajak, yaitu PT GMP (Gunung Madu Plantations) untuk tahun pajak 2016, PT BPI Tbk (Bank PAN Indonesia) untuk tahun pajak 2016, dan PT. JB (Jhonlin Baratama) untuk tahun pajak 2016 dan 2017," kata Firli dimarkas KPK, Selasa (4/5/2021).

Terkait hasil pemeriksaan pajak untuk 3 wajib pajak dimaksud, APA bersama-sama dengan DR diduga telah menerima sejumlah uang.

Pada Januari-Februari 2018 dengan jumlah keseluruhan sebesar Rp15 Miliar diserahkan oleh RAR dan AIM sebagai perwakilan PT GMP.

Kemudian pertengahan tahun 2018 sebesar SGD 500 ribu yang diserahkan oleh VL sebagai perwakilan PT BPI Tbk dari total komitmen sebesar Rp25 Miliar.

"Kurun waktu bulan Juli-September 2019 sebesar total SGD 3 juta diserahkan oleh AS sebagai perwakilan PT JB," kata Firli.

Inisial-inisial dari 3 perwakilan perusahaan tersebut diatas, juga sudah dijadikan tersangka oleh KPK.

"KPK memperingatkan baik kepada wajib pajak, pemeriksa pajak, dan pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak agar melakukan hak dan kewajibannya dengan integritas. Bukan dengan menjanjikan/memberi dan menerima suap," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA