UNJ Sedang Godok Peta Jalan Pendidikan 2020-2035

IN
Oleh inilahcom
Rabu 05 Mei 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Universitas Negeri Jakarta (UNJ), menggelar seminar nasional dengan bertajuk "Peta Jalan Pendidikan Indonesia Menuju tahun 2035".

Seminar nasional ini dilatarbelakangi oleh peluncuran rancangan Peta Jalan Pendidikan (PJP) 2020-2035 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Kegiatan ini digelar guna menjaring konsep-konsep strategis dari para narasumber berkualitas yang berkaitan dengan pemaknaan peta jalan pendidikan nasional menuju kebangkitan nasional serta mampu menjawab tantangan nasional maupun global.

"UNJ sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) memiliki tanggung jawab untuk mengawal penyelenggaraan pendidikan bermutu untuk menghasilkan SDM unggul dan berdaya saing dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Saat ini UNJ sedang menggodog Peta Jalan Pendidikan Indonesia 2020-2035 sebagai wujud tanggung jawab nasional," kata Rektor UNJ, Prof. Dr. Komarudin, Rabu (5/5/2021).


Materi pertama dalam kegiatan seminar ini dibawakan oleh ketua Komisi X DPR RI,
H.Syaiful Huda. Ia menyampaikan
tentang refleksi peta jalan pendidikan menuju Indonesia maju.


Materi berikutnya membahas tentang peta jalan pendidikan dan kaitannya dengan sistem pendidikan nasional yang dibawakan oleh Prof. Dr. H. Sunaryo, M.Pd yang juga Duta Besar Indonesia untuk Uzbekistan. Materi ketiga yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ganefri, M.Pd, Ph.D Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) bersama dengan Prof.Dr. H. Solehudin, M.Pd, M.A., sebagai rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung membawakan materi ketiga yang bertemakan kontribusi pemikiran peta jalan pendidikan Indonesia menuju tahun 2035.

Sementara itu seminar nasional ditutup dengan materi terakhir dengan tema peta jalan pendidikan terkait dengan penegakan HAM untuk memperoleh pendidikan yang layak disampaikan oleh Prof. Dr. Hafid Abas, M.Pd, selaku Ketua Senat UNJ.


Setelah seminar ini Tim UNJ akan bekerja merumuskan atau mensintesiskan berbagai pemikiran yang terhimpun dengan pemikiran para ahli pendidikan UNJ. Hasil perumusan ini akan disampaikan kepada Mendikbudristek dan Komisi X DPR.


Kegiatan seminar nasional ini digelar secara live streaming di Channel Youtube Universitas Negeri Jakarta dan Channel Youtube Edura TV. Seminar nasional ini merupakan satu rangkaian kegiatan Dies Natalis UNJ ke-57 tahun yang dimana tahun ini panitia pelaksananya dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNJ.


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA