Inilah CSR Perusahaan Terbaik Pilihan Iconomics

IN
Oleh inilahcom
Kamis 06 Mei 2021
share
Founder & CEO Iconomics Bram S Putro

INILAHCOM, Jakarta - Orientasi perusahaan tak hanya mengejar profit atau imbal hasil. Namun harus memiliki kebermanfaatan lainnya kepada masyarakat hingga lingkungan.

Bagaimana pun keberadaan perusahaan di dunia ini akan melahirkan eksternalitas dari aktivitas-aktivitas yang dilakukannya. Oleh karena itu, perusahaan harus secara sukarela memberikan "kompensasi" kepada semua stakeholder. Perusahaan biasanya mewujudkannya dalam program-program tanggung jawab perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

Adanya CSR yang digelar oleh para perusahaan tidak hanya memberikan kebermanfaatan sosial hingga lingkungan, tapi juga akan memberikan dampak positif pada citra perusahaan. Di tengah semakin banyaknya konsumen-konsumen yang memperhatikan nilai-nilai yang diusung oleh perusahaan, salah satunya yang tercermin dalam CSR, akan memberikan nilai tambah kepada perusahaan.

Perusahaan berlomba-lomba memberikan program-program CSR yang memiliki dampak besar kepada masyarakat dan lingkungannya. Apa lagi di masa pandemi Covid-19 ini, keberadaan program CSR akan sangat membantu meringankan permasalahan-permasalahan sosial di masyarakat.

The Iconomics sangat mendukung berbagai inovasi dan terobosan-terobosan yang dilakukan oleh perusahaan untuk CSR. Kali ini, melalui "Indonesia CSR Brand Equity Awards 2021", kami mengapresiasi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang berkontribusi dalam CSR. "Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan-perusahaan dengan citra tanggung jawab sosial terbaik di kategori masing-masing," kata Founder & CEO Iconomics Bram S Putro saat membuka "Indonesia CSR Brand Equity Awards 2021" secara virtual, Rabu (5/5/2021).

Perusahaan-perusahaan yang menerima apresiasi ini, kata dia, sudah melalui kajian CSR Brand Equity. Dengan tahapan survei online pada 10 kota besar di Indonesia, secara random kepada lebih dari 10 ribu responden. "Dalam kajian tersebut ada 2 hal utama yang menjadi fokus kajian, yakni CSR-Activity Awareness dan CSR Image," paparnya.

Dia bilang, CSR-Activity Awareness ini, bertujuan untuk mengetahui, sejauh mana publik merasa mengetahui atau pernah melihat/mendengar tentang kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan. Adapun CSR Image mengenai sejauh mana publik merasa perusahaan bertanggung jawab secara sosial.

"Penghargaan ini kiranya dapat memberikan inspirasi atau menjadi masukan-masukan antar perusahaan dalam memprogramkan CSR. Dengan demikian, CSR tidak hanya menjadi seremonial saja tapi memberikan dampak yang semakin luas dan semakin berkualitas," ungkapnya.

Adapun sejumlah perusahaan yang berhasil meraih Penghargaan Indonesia CSR Brand Equity Awards 2021, diantaranya. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, PT Kimia Farma Tbk, PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT PLN (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Astra International Tbk, PT Petrokimia Gresik, PT Astra Agro Lestari Tbk, PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk, PT Triputra Agro Persada, Tbk, PT Kaltim Prima Coal, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.[ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA