KPK Periksa Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR

IN
Oleh inilahcom
Jumat 07 Mei 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin masuk dalam daftar pemeriksaan Komisi Pemberantasan Krupsi (KPK) hari ini, Jumat (7/5/2021).

Azis bakal diperiksa dalam kasus dugaan suap untuk tidak menaikkan perkara di tingkat penyidikan yang melibatkan penyidik Lembaga Antikorupsi.

"Hari ini jadwal Azis Syamsuddin sebagai saksi untuk tersangka SRP (penyidik KPK Steppanus Robin Pattuju)," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis.

Ali mengatakan Lembaga Antirasuah sudah mengirimkan surat panggilan untuk Azis. Namun, Azis belum mengonfirmasi kedatangannya.

Azis Syamsuddin terseret kasus itu lantaran diduga menjadi perantara yang mengenalkan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial dengan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju.

KPK menduga pertemuan keduanya terjadi di rumah dinas Azis di Jakarta Selatan pada Oktober 2020.

Dalam pertemuan tersebut diduga Syahrial meminta bantuan Robin untuk mengurus perkara dugaan korupsi jual beli jabatan yang sedang diselidiki KPK agar tidak naik ke penyidikan. Robin diduga menerima uang Rp 1,3 miliar dari Rp 1,5 miliar yang dijanjikan Syahrial.

Sementara Azis, KPK telah mencekalnya bepergian ke luar negeri selama enam bulan, terhitung sejak 27 April 2021. Selain Azis, lembaga antirasuah tersebut juga mencekal dua orang lainnya, yaitu pihak swasta bernama Agus Susanto dan Aliza Gunado.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA