Bea Cukai Buka Ruang Diskusi dengan Stakeholder

IN
Oleh inilahcom
Senin 17 Mei 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Dalam rangka menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik antara Bea Cukai dengan para pengguna jasa layanan kepabeanan dan cukai, Bea Cukai memiliki program customs visist customer (CVC).

Lewat program tersebut, kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah berkesempatan mengunjungi perusahaan-perusahaan di wilayah kerjanya dan membuka forum komunikasi untuk mengetahui permasalahan yang ada di lapangan sehingga dapat diselesaikan dengan cepat dan mengoptimalkan pelayanan.

Salah satu kantor yang melaksanakan CVC ialah Bea Cukai Surakarta dengan berkunjung ke salah satu kawasan berikat di bawah pengawasannya, yaitu PT Mondrian yang bertempat di Kabupaten Klaten.

"Dalam kesempatan tersebut kami melaksanakan factory tour dengan melihat proses bisnis dan produksi yang berlangsung di PT Mondrian, mulai dari penyediaan bahan baku hingga proses pengemasan barang jadi. PT Mondrian sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang garmen, terutama untuk pakaian anak. CVC kemudian dilanjutkan dengan diskusi di ruang rapat perusahaan," jelas Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso, pada Senin (17/05).

Selain Bea Cukai Surakarta, CVC juga dilaksanakan Bea Cukai Bekasi dengan menghadirkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution di PT LG Electronic Indonesia. Dalam kunjungannya tersebut, Saipullah menyampaikan arahan Direktur Jenderal Bea dan Cukai dalam Rapat Koordinasi Bea Cukai 2021 tentang Program Reformasi Kepabeanan dan Cukai.

"Program ini meliputi penguatan integritas, budaya organisasi, penerimaan negara, fasilitas industri, perbaikan pelayanan, dan hal terkait lainnya. Selain itu, sesuai arahan Direktur Jenderal, disampaikan pentingnya sinergi dan komunikasi saat melaksanakan tugas sehari-hari. Tidak lupa pula ditekankan kepada seluruh pegawai untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan saat bertugas," katanya.

Saipullah dan jajaran juga berkesempatan meninjau dampak pemberian fasilitas kepabeanan terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan mengingat PT LG Electronics Indonesia adalah salah satu perusahaan yang menerima beberapa fasilitas perlakuan tertentu.

Tak berbeda, CVC juga dilaksanakan Bea Cukai Semarang dengan peninjauan kesiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, hal ini dilaksanakan dalam rangka percepatan kegiatan di KEK tersebut. Kepala Kantor Bea Cukai Semarang, Sucipto melakukan pengecekan di PT Eclat Textile International Project yang akan mendapat fasilitas perpajakan di KEK. Kemudian ia juga melakukan koordinasi dengan administrator terkait percepatan kegiatan di KEK Kendal.

Ia berharap melalui kunjungan kerja ini KEK Kendal dapat segera beroperasi untuk meningkatkan perekonomian negara. [adv]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA