Edhy Prabowo Beli Buku Rp101Juta Buat Perpus Akmil

IN
Oleh inilahcom
Selasa 18 Mei 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo disebut membeli buku sejumlah Rp101 juta. Buku itu untuk disumbangkan ke perpustakaan akademi militer.

"Waktu Pak Edhy ada makan siang dengan para taruna akademi militer, beliau sempat menyampaikan ingin memberikan sumbangan 1.000 buku," ujar Sekretaris Pribadi (Sespri) Edhy Prabowo Putri Elok Sukarni saat persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Putri Elok menuturkan, dia mendapat perintah dari Staf Khusus Edhy Prabowo Putri Tjatur Budilistyani agar sumbangan buku itu terealisasi. Putri Elok menghubungi perusahaan penerbit seperti PT Balai Pustaka dan PT Gramedia.

Nilai pembelian buku sejumlah Rp101.085.600. Pembelian buku dari PT Balai Pustaka senilai Rp44.391.600 dan PT Gramedia sejumlah Rp56.694.000.

"Saya memesankan, untuk pembayaran itu melalui Mas Amiril Mukminin (asisten pribadi Edhy)," ujar Putri Elok.

Jaksa penuntut umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak menelisik lebih jauh mengenai sumber uang tersebut. Putri Elok hanya mengetahui bahwa buku sudah dibayar lunas.

Putri Elok diperiksa sebagai saksi untuk enam terdakwa yang terjerat kasus dugaan korupsi izin ekspor benih bening lobster (BBL) atau benur. Terdiri dari eks Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo; asisten pribadi Edhy, Amiril Mukminin; dan staf khusus menteri kelautan dan perikanan Safri.

Kemudian staf istri menteri kelautan dan perikanan Ainul Faqih; staf khusus menteri kelautan dan perikanan Andreau Pribadi Misanta; dan Siswadhi Pranoto Loe. Mereka diduga sebagai pihak penerima dan perantara suap izin ekspor BBL.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA