Polemik 75 Pegawai KPK Tak Lolos TWK

Novel: Masalahnya Bukan di Lembaga Lain, Tapi..

IN
Oleh inilahcom
Senin 24 Mei 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Penyidik Senior KPK Novel Baswedan pesimis rapat koordinasi antara KPK dan lembaga/kementerian soal alih status dalam menyelesaikan polemik 75 pegawai yang tak lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Hal itu disampaikan Novel merespon rencana rapat koordinasi KPK dan kementerian/lembaga terkait yang akan digelar pada Selasa (25/5/2021) besok.

"Sebenarnya permasakahannya bukan di lembaga lain, tapi ada di KPK sendiri. Dan di KPK sendiri yaitu oleh ketua KPK Firli Bahuri," kata Novel usai melaporkan dugaan pelanggaran HAM di Komnas HAM, Jakarta, Senin (24/5/2021).

Novel juga menyoroti Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan pimpinan KPK ihwal TWK dan hasilnya diduga bermasalah.

"Kita tahu ini problematikanya kan tidak sekadar proses TWK yang saya duga bermasalah. Tapi ada juga SK yang dikeluarkan oleh pimpinan KPK Pak Firli Bahuri. SK tersebut sudah berapa hari setelah pidato dan arahan bapak presiden, SK tersebut tidak diapa-apakan," ungkapnya.

Novel yakin, persoalan TWK serta nasibnya dan 74 pegawai lainnya, bisa selesai di internal KPK. Jika pimpinan KPK melaksanakan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu.

"Saya khawatir ketika pola-pola seperti ini hal yang sifatnya salah dan kemudian sudah ada arahan bapak presiden, masih tidak mau juga ditaati, saya khawatir menjadi contoh yang buruk dan bagaimana bisa diharapkan hal hal lainnya," ujar Novel.

Imbasnya, kerja-kerja pemberantasan korupsi bisa terganggu karena sengkarut TWK yang dibuat oleh pimpinan KPK sendiri.

"Kami sudah laporkan ke banyak tempat, dan saya katakan sekali lagi masalahnya itu bukan di lembaga mana-mana, tapi ada di KPK, yaitu di Pak Firli Bahuri sendiri," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA