Sandiaga: Desa Wisata Jurus Ampuh Pulihkan Ekonomi

IN
Oleh inilahcom
Selasa 25 Mei 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Mungkin tak banyak yang tahu, sejumlah desa wisata yang bertebaran di Indonesia, memiliki pertumbuhan ekonomi moncer. Salah satunya Desa Pujon Kidul, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Dalam beberapa tahun terakhir, kawasan Pujon Kidul, Kecamatan Pujon mengalami perkembangan signifikan. Kawasan tersebut kini menjadi primadona baru bagi wisatawan dengan landmark ikoniknya, yakni Cafe Sawah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, desa wisata kini bisa menjadi alternatif pembangunan desa yang berkesinambungan.

Kata Sandiaga, Desa Pujon Kidul dari sebelumnya tak banyak dikenal masyarakat. Kini, dari sisi ekonomi, terjadi lonjakan cukup drastis setelah wilayah tersebut dikembangkan menjadi desa wisata.

"Pengembangan desa yang tepat bisa menghasilkan hal yang besar. Seperti Pujon Kidul ini dengan ikon Cafe Sawah yang mampu meningkatkan nilai ekonomi. Sebelumnya satu hektar hanya bisa menghasilkan paling besar Rp 10 juta, tetapi dengan pendekatan ekonomi kreatif kini bisa menghasilkan Rp 1,2 miliar per tahun," ujar Sandiaga dalam keterangan, Selasa (25/5/2021).

Sandiaga menilai, pendekatan ekonomi kreatif yang dilakukan di Desa Pujon Kidul, sangat berhasil. Terbukti, pengembangan desa wisata tersebut banyak menyerap tenaga kerja.

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) pun sudah berkunjung ke Desa Pujon Kidul dan menyaksikan bagaimana konsep wisata dipadukan dengan pertanian, ekonomi kreatif dan sedikit sentuhan seni membuat kawasan tersebut kini menjadi percontohan bagi desa-desa lain untuk mengembangkan wilayahnya.

"Bahkan saat ini saya mendapat info bahwa ada beberapa jenis tanaman dari Desa Pujon Kidul yang sudah merambah pasar ekspor bahkan sampai ke Jepang. Ini nilai tambahnya peningkatannya sangat luar biasa. Membangkitkan semangat dan membuka lapangan kerja seluas luasnya," terangnya.

Lanjutnya, keberhasilan Desa Pujon Kidul harus bisa menginspirasi desa-desa lain di Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kemenparekraf siap memberikan program peningkatan keterampilan serta kemampuan pengelolaan desa wisata. Terutama untuk beradaptasi dengan teknologi digital. "Hal itu yang ingin kami wujudkan dan berikan pada tiap-tiap desa. Karena kami ingin program yang disiapkan Kemenparekraf bisa dirasakan masyarakat pedesaan dan tepat sasaran," pungkasnya.[tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA