Sandiaga: Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi

IN
Oleh inilahcom
Jumat 28 Mei 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terus mensosialisasikan prpgram membangun pariwisata bertajuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Setelah sukses menggelar sosialisasi ADWI 2021 bertajuk "Indonesia Bangkit" di Desa Pujon, Malang (Jawa Timur), dan Desa Mas, Ubud (Bali), berlanjut ke Desa Tugu Selatan, Cisarua, Kabupaten Bogor (Jawa Barat). Di mana, program sosialisasinya berlangsung 22 Mei 2021 hingga 25 Juni 2021.

"Kami ingin mengajak desa-desa lain untuk mencontoh desa wisata yang sudah maju dan mulai beradaptasi dalam membangkitkan perekonomian menuju kemandirian. Dengan desa yg sudah mandiri menjamin perekonomian di suatu desa wisata semakin maju," papar Menteri Sandiaga dalam rilis, Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Melalui sosialisasi ini, Sandiaga sangat berharap, program ADWI 2021 mampu membangkitkan minat 57 ribu desa se-Indonesia. Sehingga mereka bisa mengadaptasi konsep desa wisata. Guna meningkatkan nilai tambah desanya masing- masing. "Untuk yang sudah menerapkannya agar bisa mendaftarkan ke program ADWI 2021, sekaligus menginspirasi desa-desa wisata lainnya", katanya.

Menurut Sandiaga, ADWI 2021 merupakan bentuk keberpihakan pemerintah dalam pemulihan sektor parekraf nasional dan merupakan program unggulan Kemenparekraf untuk membangkitkan semangat para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kami ingin desa wisata-desa wisata ini memenuhi tujuh kategori perlombaan antara lain Kontes Homestay, Kontes Toilet, Kontes CHSE, Kontes Desa Digital, Kontes Suvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Kontes Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan) dan Kontes Konten Kreatif," ungkap Sandiaga.

"Jadi jangan lupa, daftarkan desa kalian di Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di laman www.jadesta.com/adwi2021 sampai 26 Juni 2021 mendatang dengan total hadiah miliaran rupiah," ujar politisi Partai Gerindra ini.

Kali ini, Desa Tugu Selatan, Kabupaten Bogor dipilih menjadi wahana sosialisasi lantaran desa ini dikenal sebagai desa wisata yang terus berkembang. Dan, Desa Tugu Selatan memiliki suvenir fashion berupa seni batik dengan motif khas Perkebunan Gunung Mas Bogor. Selain itu, produk kriya seperti lukisan bakar dan karya seni lain banyak ditemui di desa ini. [tar]


# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA