Kalahkan BRI, Bank Mandiri Memang Sulit Dilawan

IN
Oleh inilahcom
Senin 31 Mei 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Saat ini, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) bukan lagi bank beraset terbesar di Indonesia. Karena sudah beralih ke PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).

Posisi Bank Mandiri menjadi bank terbesar di Indonesia dengan aset total Rp1.411,05 triliun , setelah mendapatkan limpahan aset dari merger Bank Syariah Indonesia (BSI).

Mengutip program Market Opening IDX Channel, Sabtu (29/5/2021), hingga Maret 2021, BRI yang selama ini menduduki peringkat pertama bank terbesar di Indonesia, membukukan aset sebesar Rp1.411,05 triliun. Aset tersebut tumbuh sekitar 3,83 persen secata year on year (yoy) . Meskipun aset BRI Syariah sudah tidak dikonsolidasikan ke Bank BRI pasca-merger bank syariah himbara.

Namun, kenaikan aset BRI ternyata tidak setinggi kenaikan pada aset Bank Mandiri. Pada periode yang sama, aset Bank Mandiri melesat 20 persen menjadi Rp1.584,1 triliun di akhir Maret 2021.

Kenaikan ini ditopang oleh peningkatan aset Bank Syariah Indonesia (BSI). Pasalnya, Bank Mandiri merupakan pemegang saham terbesar Bank Syariah Indonesia sehingga keuangan Bank Syariah tersebut dikonsolidasikan ke perusahaan.

BRI memang berpotensi mencatatkan peningkatan aset, dari pembentukan holding ultra mikro. Di mana BRI akan membawahi pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PMN). Namun, peningkatan tersebut kemungkinan masih jauh dari selisih jumlah aset BRI dan Bank Mandiri yang kini mencapai Rp173 triliun per Maret.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, saat ini progres pembentukan holding ultra mikro sudah mendapatkan persetujuan dari komite privatisasi perusahaan persero dan memperoleh rekomendasi dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Ada pun 10 besar bank dengan aset terbesar di Indonesia hingga kuartal pertama 2021 yakni Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BCA, Bank BNI, Bank BTN, CIMB Niaga, OCBC NISP, Bank Panin, Bank Danamon, dan Bank BTPN.[ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA