Sandiaga: Desa Wisata Buka Peluang Usaha & Lapker

IN
Oleh inilahcom
Selasa 08 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Seiring terkendalinya pandemi COVID-19, perekonomian nasional meluncur mulus. Kebangkitan ekonomi ini, tentunya tak lepas dari peran desa wisata yang tersebar di tanah air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, mengatakan, kebangkitan sektor pariwisata Indonesia, dimulai dari desa wisata. "Dan, kami ingin desa wisata hadir membuka peluang usaha, peluang ekonomi dan membuka lapangan kerja (lapker) yang seluas-luasnya," ujar Menteri Sandiaga dalam sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Desa Wisata Pentingsari, Sleman, DI Yogyakarta.

Dia mengatakan, desa wisata menjadi andalan Kemenparekraf dalam mendongkrak sektor pariwisata yang sempat terdampak oleh pandemi Covid-19. "Program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat," terang Menteri Sandiaga.

Tentu saja, terpilihnya Desa Wisata Pentingsari, Sleman sebagai tempat sosialisasi ADWI 2021, sudah melalui pertimbangan matang. Desa yang berada di lereng Gunung Merapi itu, jrakanya kurang lebih 22,5 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Berada di dalam kawasan wisata Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) membuat masyarakat desa bergegas mencari keunikan lain dan tidak hanya mengandalkan lokasi wisata. Dengan melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya, seperti bertani, aktivitas kehidupan bersosialisasi di pedesaan dengan keramah tamahannya, kebudayaan dan kesenian tradisional yang masih terjaga, serta makanan khas desa.

Hal itu yang menarik para wisatawan untuk berkunjung, bahkan tidak sedikit juga yang menginap di homestay rumahrumah warga dengan suasana pedesaannya yang terbilang masih sangat kental dan menjadikan pengalaman tersendiri bagi wisatawan dengan langsung berinteraksi dengan warga di desai ni.

Selain itu, Desa Pentingsari sudah kondang di kalangan wisatawan mancanegara. Merupakan salah satu desa wisata yang pernah meraih segudang penghargaan. Mulai Indonesia Suistainable Tourism Awards (ISTA) 2017 dalam kategori ekonomi, hingga i100 Top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) 2019.

Mengingatkan saja, rangkaian sosialisi acara ADWI 2021 dimulai sejak 22 Mei 2021 hingga 25 Juni 2021. Adapun Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah diselenggarakan diberbagai kota diantaranya Desa Wisata Pujon Malang, Desa Wisata Mas Ubud Bali, Desa Wisata Cisarua Bogor, Desa Wisata Cibuntu Kuningan dan Desa Wisata Candirejo Magelang. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA