Masuk Perkampungan, Harimau Mangsa Ternak Warga

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 12 Juni 2021
share
Foto Ilustrasi

INILAHCOM, Aceh Barat Daya - Seekor harimau sumatra dilaporkan memangsa sapi milik warga Desa Pisang, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya.


Kepala Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Blangpidie, Abdya, Syukramizar, mengatakan pihaknya bersama masyarakat telah menelusuri lokasi harimau memangsa sapi warga dan ditemukan jejak kaki satwa tersebut.

"Kami bersama warga sudah mengecekdi kawasan hutan produksi terbatas di Desa Pisang, Kecamatan Setia. Di lokasi, kami menemukan potongan badan sapi betina ukuran besar," ungkap Syukramizar, Sabtu (12/6/2021).

Selain menemukan potongan tubuh sapi bekas carakan, tim BKPH juga menemukan kepala sapi yang sudah terpisah dengan badannya. Di sekitar organ sapi tersebut juga banyak terlihat bekas tapak kaki harimau di tanah.

"Lokasinya masuk HPT, di pinggir Sungai Suak. Jarak tempuh ke lokasi dari jalan nasional sekitar 2,5 kilometer. Kalau dari komplek Kompi Senapan E Yonif 115 Macan Lauser itu sekitar dua kilometer lagi ke arah gunung," tutur Syukramizar.

Syukramizar mengatakan pihaknya sudah memberitaukan kejadian tersebut kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Kabupaten Aceh Selatan untuk secepatnya mengagani kasus tersebut agar ternak milik masyarakat tidak dimangsa lagi.


"Tim BKSDA bersama LSM Wildlife Conservation Society, dan Forum konservasi Leuser sudah tiba di Abdya. Rencananya malam ini pasang kamera trap untuk memastikan keberadaan satwa dilindungi itu," paparnya.

Abdullah IS, anggota kelompok ternak sapi Muda Sefakat, Desa Pisang, Kecamatan Setia, Abdya, mengatakan kejadian harimau memangsa ternak api milik masyarakat terjadi Kamis (10/6) malam.

"Sapi milik anggota kelompok ternak Muda Sefakat. Sapi itu betina, badannya gemuk, umurnya 1,5 tahun. Kemarin tidak pulang. Cari kesana-kemari akhirnya ditemukan separoh badannya terpisah dengan kepala," ujarnya.


Setelah ditelusuri dan dipastikan penyebabnya, akhirnya masyarakat Desa Pisang, Kecamatan Setia melaporkan peristiwa tersebut kepada tim BKPH Abdya lantaran kantor BKSDA berada di Kabupaten Aceh Selatan.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA