Mendag Lutfi: UMKM Tuan Rumah di Negeri Sendiri

IN
Oleh inilahcom
Senin 14 Juni 2021
share
Menteri Perdagangan M Lutfi

INILAHCOM, Jakarta - Untuk memajukan produk lokal buatan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), perlu dukungan konkrit dari para menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tak salah, Presiden Jokowi menunjuk Muhammad Lutfi sebagai menteri perdagangan. Ya, lantaran, mantan Dubes RI untuk Amerika Serikat (AS) ini, puya komitmen kuat untuk memajukan produk anak bangsa. Di banyak kesempatan, pria gagah kelahiran 16 Agustus 1969 ini, selalu bilang: UMKM harus menjadi tuan rumh di negeri sendiri.

Dalam acara Dialog Kadin dan Shopee Indonesia yang diselenggarakan secara online, Jakarta, Senin (14/6/2021), Mendag Lutfi mengulanginya. "UMKM harus bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri," tegasnya.

Untuk memajukan produk UMKM, kata Lutfi, pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) terus melakukan upaya menekan biaya logistik. Awalnya, bea logistik mencapai 30% dari GDP. Selanjutnya, Presiden Jokowi mencanangkan pembangunan proyek infrastruktur besar-besaran yang berdampak kepada penurunan bea logistik 15-16% dari GDP.

Selanjutnya, kata Lutfi, pesatnya perdagangan digital alias e-commerce semakin menurunkan biaya logistik menjadi hanya 10%-11%. Alhasil, biaya logistik Indonesia bisa lebih rendah ketimbang negeri jiran, Malaysia. "Dengan modal ini, kita ingin UMKM kita semakin maju. Berdaya saing kuat, bisa sejajar bahkan lebih berkualitas dan kompetitif dibanding produk asing," ungkapnya.

Kalau UMKM maju, kata Lutfi, perekonomian Indonesia bisa lebih cepat pulih. Saat pandemi COVID-19, perekonomian sejumlah negara mengalami banyak masalah, termasuk Indonesia. "Walaupun kita masih belum tahu kapan berakhirnya pandemi COVID-19. Akan tetapi kita berkeyakinan, semester II labih baik dari semseter I. Paling tidak semster II tahun depan, ekonomi kita sudah pulih," ungkapnya.[ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA