Dorong Pariwisata dari Desa

Buka Desa Wisata di Sulsel,Sandiaga Bantu Internet

IN
Oleh inilahcom
Kamis 17 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pariwisan dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Desa Wisata Rammang-rammang di Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam acara yang digelas Kamis (17/6/2021), Menteri Sandiaga sekaligus mensosialisai Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Salah satu program unggulan Kemenparekraf untuk mengembangkan sektor pariwisata di tanah air.

Kata Sandiaga, melalui ADWI 2021 bertajuk Indonesia Bangkit, diharapkan bisa mewujudkan visi "Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat". Di mana, rangkaian sosialisi ADWI 2021 dimulai 22 Mei 2021 hingga 25 Juni 2021.

Informasi saja, Desa Wisata Rammang-Rammang yang terletak di Kabupaten Maros, masuk dalam ADWI 2021, lantaran kondang sebagai wisata alamnya. Yakni pegunungan karst (kapur) terbesar dan terindah kedua di dunia, setelah Tiongkok. "Desa wisata Rammang-rammang ini, masuk dalam Geopark UNESCO," ungkapnya.

Desa Wisata Rammang-Rammang juga terkenal dengan atraksi budaya, salah satunya adalah Tarian Tradisional Makassar yaitu Tarian Paduppa yang biasanya dipentaskan untuk menyambut tamu.

Di sektor UMKM lokal, desa ini tak kalah hebatnya dengan desa wisata lainnya. Dikenal dengan suvenir khas berupa kerajinan anyam daun nipah, fashion payet. Sedangkan untuk kuliner terkenal dengan abon telur, ikan bandeng tanpa tulang, dan ikan kambu.

Soal fasilitas homestay, atau rumah makan, tak perlu khawatir. Ada tempat kuliner plus kongkow yang menarik yakni rammang-rammang cafe ecolodge and coffee, Dan, keindahan Kampung Berua, yang dikelilingi bukit karst, sayang kalau dilewatkan begitu saja.

Untuk menunjang majunya desa wisata ini, Menteri Sandiaga memberikan support berupa pemasangan fasilitas internet. "Untuk mewujudkan desa digital di bidang pariwisata serta membantu mewujudkan Desa Wisata Rammang-Rammang menjadi destinasi pariwisata berkelas dunia," tuturnya.

Dalam kegiatan ini, Menteri Sandiaga didampingi youtuber kondang, siapa lagi kalau bukan Atta Halilintar, serta Muhammad Thariq Halilintar. Serta sejulah tamu undangan lain, baik dari perwakilan kepala daerah, DPR dan DPRD setempat. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA