GSI Lab & Sintesa Group Bangun Drive Thru SwabTest

IN
Oleh inilahcom
Kamis 24 Juni 2021
share
 

INILAHCOM, Jakarta - Angka COVID-19 di Indonesia, terus meningkat seiring penemuan 154 kasus mutasi virus SARS-CoV-2 yang tergolong variant of concern, serta pergerakan masyarakat memantik lonjakan kasus.

Seperti yang kita ketahui bahwa masalah pandemi COVID-19 ialah masalah kesehatan masyarakat yang hanya bisa diselesaikan secara bersama-sama. Karena semakin banyak yang di tes maka semakin banyak data yang didapat untuk kita bisa menyusun strategi dalam memerangi pandemi COVID-19 ini.

Guna membendung pergerakan COVID-19 di tanah air, GSI (Genomik Solidaritas Indonesia) Lab berkolaborasi dengan Sintesa Group, meluncurkan Drive Thru Swab Test GSI Lab Sintesa Kuningan di jantung kawasan bisnis, Jakarta Selatan, Kamis (24/6/2021).

Di mana, Drive Thru Swab Test ini, sangat mudah dijangkau. Menyediakan layanan lengkap seperti PCR swab test, tes antigen dan antibodi dengan hasil yang cepat dan akurat dengan harga terjangkau. "GSI lab sebagai kewirausahaan sosial dengan high-throughput lab berkapasitas besar sangat antusias bisa berkolaborasi bersama dengan Sintesa Group. Karena untuk mengakhiri pandemi ini kami tidak bisa sendiri, harus bersama-sama dan memiliki rasa solidaritas untuk menyediakan dan membuka akses testing yang aman, mudah dan luas," ujar dr Nino Susanto, CEO GSI Lab saat launching.

Tidak hanya memiliki kapasitas besar dan cepat, kata dia, GSI Lab juga terus melakukan pengembangan dan kini sudah bisa memfasilitasi pemeriksaan Whole Genome Sequencing yang mampu mendeteksi varian baru Covid-19. Terbukti, GSI Lab sendiri telah berkontribusi dalam penemuan varian lain Covid-19 di Indonesia, seperti penemuan varian Alpha (varian B117 yang berasal dari UK) & Delta (varian B1617 yang berasal dari India).

Dalam peluncuran Drive Thru Swab Test ini, dibagikan tes PCR gratis bagi ojek online (Ojol) dan pedagang kaki lima di kawasan Kuningan. Kegiatan ini dalam rangka program sosial #SwabAndSaveIndonesia, sebagai bentuk kepedulian akan percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia.

Sementara, Shinta Widjaja Kamdani selaku CEO Sintesa Group mengatakan, kolaborasi dan sinergi ini, menjadi wujud nyata bagi kontribusi dan komitmen perusahaan yang telah tumbuh 100 tahun sejak didirikan. Untuk target pencapaian Sustainable Development Goals di sektor kesehatan melalui business model Sintesa Health.

"Sebagai perusahaan yang memiliki visi Sustainable Excellence company, Sintesa Group berkomitmen melakukan pengembangan usaha dan ekspansi bisnis yang selaras dengan target dan tujuan global Sustainable Development Goals (SDGs)," kata Shinta.

Untuk itu, lanjutnya, pandemi Covid-19 yang masih belum usai, mendorong Sintesa Grup berkontribusi dalam upaya penanganan Covid-19, dengan bersinergi dengan GSI Lab meluncurkan layanan tes Covid-19 secara lengkap, terjangkau dan mudah diakses. "Ini sesuai dengan komitmen perusahaan kami terhadap Goals 3 SDGs: Good Health and Well Being," ungkapnya. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA